ANALISIS PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI KONVEKSI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KARYAWAN (Studi Kasus Konveksi Mbak Yanti Kauman Tulungagung)

ALIFIA NURRAHMA, 12402193107 (2023) ANALISIS PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI KONVEKSI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KARYAWAN (Studi Kasus Konveksi Mbak Yanti Kauman Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pengembangan Home Industri Konveksi Dalam Meningkatkan Perekonomian Karyawan (Studi Kasus Konveksi Mbak Yanti Kauman Tulungagung)”, ditulis oleh Alifia Nurrahma, NIM. 12402193107. Dengan pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Industri Konveksi merupakan perusahaan yang menghasilkan pakaian jadi. Seiring berkembangnya dunia digital dan persaingan bisnis, semua usaha termasuk industri konveksi dituntut untuk terus melakukan upgrade atau pembaruan pada sistem maupun operasinya. Salah satunya yaitu home industri konveksi Mbak Yanti yang sudah berdiri 20 tahun dan tetap berkembang ditengah persaingan usaha yang sejenis. Hal tersebut, dikarenakan konveksi Mbak Yanti melakukan beberapa strategi untuk mengembangkan usahanya demi kestabilan perekonomian industrinya dan juga para karyawannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi yang digunakan home industri Konveksi Mbak Yanti untuk mengembangkan usahanya? (2) Bagaimana peran home industri Konveksi Mbak Yanti dalam meningkatkan perekonomian karyawannya? (3) Bagaimana kendala dan solusi pada Home Industri Konveksi Mbak Yanti dalam meningkatkan usahanya?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari wawancara dengan pemilik, kepala produksi, dan karyawan Konveksi Mbak Yanti, situasi lokasi di Konveksi Mbak Yanti, dan berkas dokumentasi berasal dari jurnal, buku, dan penelitian terdahulu yang terkait dengan judul penelitian, serta buku catatan Konveksi Mbak Yanti. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi pengembangan yang dilakukan home industri Konveksi Mbak Yanti dalam mengembangkan usahanya, yaitu memanfaatkan modal dengan sebaik-baiknya, menggunakan peralatan teknologi yang bagus dan modern, kepemimpinan yang cakap, mengutamakan produk yang berkualitas tinggi, menetapkan harga produk yang terjangkau, promosi mengandalkan relasi dan dari mulut ke mulut, distribusi produk dengan mencari lokasi strategis dan minat daya konsumtif masyarakat yang tinggi. (2) Peran home industri Konveksi Mbak Yanti dalam meningkatkan perekonomian karyawannya yaitu telah berperan untuk menyediakan lapangan pekerjaan, menumbuhkan jiwa produktif dan kreatif, dan meningkatkan perekonomian karyawannya. (3) Kendala dan Solusi pada home industri konveksi dalam meningkatkan usahanya yaitu faktor sumber daya manusia dan faktor pemasaran. Untuk mengatasi kendala tersebut pemilik usaha harus memberikan solusi yang efektif dan efisien agar dapat menyelesaikan kendala dengan baik. Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Industri Konveksi, Perekonomian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pelatihan Kerja
Ekonomi > Pendapatan
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402193107 Alifia Nurrahma
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:41
Last Modified: 20 Jul 2023 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37657

Actions (login required)

View Item View Item