PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 5 PULOSARI TULUNGAGUNG

ELOK RAHMAWATI, 12201193046 (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 5 PULOSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Rahmawati, Elok. 2023. Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pencegahan Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Pada Peserta Didik Di MTsN 5 Pulosari Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi dari fenomena di era globlisasi yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan pengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Dimana dengan hadirnya media sosial menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, terutama pelajar. Dampak negatif dari penggunaan media sosial dapat menyebabkan kecanduan, degradasi moral pada diri peserta didik. Contoh dari degradasi moral yaitu tawuran antar pelajar, berita hoax, mengakses pornografi hingga perjudian. Dalam hal ini peran guru sangat penting dalam membina moral peserta didik agar peserta didik tidak terkena dampak media sosial.Tujuan Penelitian: (1)Untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam pencegahan dampak negatif penggunaan media sosial pada peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai motivator dalam pencegahan dampak negatif penggunaan media sosial pada peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai informator dalam pencegahan dampak negatif penggunaan media sosial pada peserta didik di MTsN 5 Tulungagung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kreadibility, transferability, depenability, dan konfirmability. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam pencegahan dampak negatif penggunaan media sosial, yaitu dengan menanamkan nilai-nilai karakter dan mengingatkan tentang norma-norma yang berlaku. (2) Peran guru aqidah akhlak sebagai motivator dalam pencegahan dampak negatif media sosial yaitu memberikan masukan atau arahan mengenai dampak positif serta negatif, mengingatkan ibadahnya, bekerjasama dengan orang tua peserta didik agar mengawasi penggunaan media sosial di rumah. (3) Peran guru aqidah akhlak sebagai informator dalam pencegahan dampak negatif penggunaan media sosial yaitu, memberikan informasi, memberikan pelayanan informasi dan menjadi panutan dalam penggunaan media sosial yang baik dan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193046 Elok Rahmawati
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:25
Last Modified: 21 Jul 2023 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37678

Actions (login required)

View Item View Item