MOHAMAD IRFAN FATONI, 12210193049 (2023) PENGGUNAAN MOBILE LEARNING SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI CERITA PENDEK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
1. COVER.pdf Download (785kB) |
||
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (507kB) |
||
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (585kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
Text
9. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
Text
10. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (434kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Penggunaan Mobile Learning sebagai Sumber Belajar pada Materi Cerita Pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar” ini ditulis oleh Mohamad Irfan Fatoni, NIM 12210193049, pembimbing Ibu Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Mobile Learning, Sumber Belajar, Keterampilan Membaca, Cerita Pendek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mobile learning sebagai salah satu teknologi yang dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Mobile learning berbasis smartphone yang saat ini sudah banyak dimiliki khalayak umum yang cocok digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga dapat mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia. Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar adalah salah satu madrasah yang menggunakan mobile learning dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita pendek. Untuk mendukung suatu pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu dengan menggunakan mobile learning sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dalam penggunaan mobile learning sebagai sumber belajar pada keterampilan membaca materi cerita pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, penggunaan mobile learning sebagai sumber belajar pada keterampilan membaca materi cerita pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, dan evaluasi dalam penggunaan mobile learning sebagai sumber belajar pada keterampilan membaca materi cerita pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar sehingga pembelajaran menggunakan mobile learning sebagai sumber belajar dapat berjalan dengan baik dan dapat membantu pembelajaran dalam kelas Bahasa Indonesia khususnya materi cerita pendek. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu 1) Perencanaan dalam penggunaan mobile learning sebagai sumber belajar pada keterampilan membaca materi cerita pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar? 2) Penggunaan mobile learning sebagai sumber belajar pada keterampilan membaca materi cerita pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar? 3) Evaluasi dalam penggunaan mobile learning sebagai sumber belajar pada materi cerita pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan cara melakukan wawancara dengan pendidik dan beberapa peserta didik dari kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 terkait dengan fokus penelitian ini, observasi dengan cara melakukan pengamatan pembelajaran yang dilakukan dalam penggunaan mobile learning sebagai sumber belajar pada materi cerita pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, dan dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan dokumen-dokumen terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu perencanaan dalam penggunaan mobile learning sebagai sumber belajar pada materi cerita pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar adalah dengan pendidik membuat RPP dan menyiapkan materi yang akan diajarkan. Penggunaan mobile learning sebagai sumber belajar pada materi cerita pendek di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar dilakukan dengan cara pendidik membuka pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran, kemudian peserta didik mulai mencari materi dengan menggunakan mobile learning sebagai sumber belajar, setelah mencari dan menemukan materi yang terkait tentang cerita pendek peserta didik mencatat hasil materi yang telah ditemukan, kemudian pendidik menjelaskan materi cerita pendek agar peserta didik semakin memahami materi, jika kam pelajaran habis pendidik mengakhiri pembelajaran dengan menyimpulkan hasil pembelajaran dan doa penutup secara bersama-sama. Penggunaan mobile learning berbasis smartphone ini digunakan secara terbatas. Artinya hanya pada saat jam pelajaran Bahasa Indonesia dengan pengawasan penuh dari pendidik Bahasa Indonesia. Selain waktu pembelajaran Bahasa Indonesia maka akan dirampas dan diberikan sanksi yang berlaku. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik yaitu melakukan penilaian yang digunakan pendidik untuk tolok ukur dalam mengukur kelulusan peserta didik terhadap materi utamanya materi cerita pendek. Dengan nilai KKM 75 peserta didik harus mendapatkan nilai di atas KKM agar dinyatakan lulus terhadap materi dan lanjut pada materi selanjutnya. Penilaian yang dilakukan pendidik yaitu penilaian sikap dan tes dengan masing-masing memiliki kriteria yang sudah disiapkan oleh pendidik. Apabila peserta didik yang belum lulus dari penilaian yang sudah ditentukan maka akan diberikan tugas tambahan agar mendapat nilai yang sesuai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193049 MOHAMAD IRFAN FATONI |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 06:33 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37681 |
Actions (login required)
View Item |