YUNI PARIDA, 12201193246 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL QUR'AN BESUKI MUNJUNGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (430kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (398kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (695kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam meningkatkan Membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an Besuki Munjungan Trenggalek” ditulis oleh Yuni Parida, NIM. 12201193246, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Membaca Al-Qur’an, TPQ Strategi guru sangat penting didalam proses pembelajaran agar anak menjadi semangat dalam belajar membaca Al-Qur’an dan cepat menerima materi yang disampaikan dalam pembelajaran. Seorang guru harus mampu menciptakan suasana/strategi yang baik supaya anak aktif dan memperhatikan materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran dan anak menjadi semangat pada waktu belajar. Oleh karena itu guru memiliki peranan penting dalam keberhasilan anak dalam belajar membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan makhorijul huruf atau kefasihan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an Besuki Munjungan Trenggalek? (2) Bagaimana langkah-langkah guru dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an Besuki Munjungan Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an Besuki Munjungan Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan makhorijul huruf atau kefasihan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an Bessuki Munjungan Trenggalek (2) untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an Besuki Munjungan trenggalek (3) untuk mendeskripsikan evaluasi guru dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an Besuki Munjungan Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekataan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini terletak di TPQ Baitul Qur’an Besuki Munjungan Trenggalek. Data yang peneliti dapatkan adalah dari pengasuh TPQ, guru TPQ, dan santri. Metode yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) strategi guru dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an besuki munjungan trenggalek adalah memperhatikan tajwid dan makhorijul huruf. Kebijakan dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an peserta didik harus mampu memahami ilmu tajwid melalui lalaran tajwid, mengikuti materi tambahan membaca materi tilawati jilid 1 dan jilid 2. Serta guru meningkatkan motivasi santri dengan memberikan nilai dan reward. 2) langkah guru dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an besuki munjungan trenggalek adalah dengan mengajar menggunakan buku iqra’ dan Al-Qur’an dengan menggunakan metode iqra’ dan tilawati, mengajar peserta didik dengan di hadap satu persatu. 3) evaluasi guru dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Qur’an besuki munjungan trenggalek adalah melaksanakan satu jenis evaluasi yakni evaluasi santri, yang mana setiap akhir jilid harus di tes terlebih dahulu bacaan Al-Qur’annya apakah sudah benar-benar memenuhi kriteria untuk lanjut ke jilid selanjutnya apa belum. Hal ini dilakukan supaya tidak memberatkan santri kedepannya jika memang dirasa belum waktunya lulus jilid tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193246 YUNI PARIDA |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 09:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 09:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37723 |
Actions (login required)
View Item |