PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X DI MAN 1 PASURUAN

SYEKHAH HIKMAH, 12212193034 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X DI MAN 1 PASURUAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (916kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X di MAN 1 Pasuruan” ini ditulis oleh Syekhah Hikmah, NIM. 12212193034, pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Hasil Belajar, Reaksi Redoks Salah satu kajian ilmu kimia dalam pendidikan yakni reaksi redoks. Siswa mengganggap bahwa materi reaksi redoks sulit untuk dipelajari karena memuat konsep yang abstrak dan perhitungan kimia sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa cenderung rendah. Model pembelajaran yang digunakan guru merupakan salah satu faktor terlaksananya proses pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi dan memberi perubahan lebih baik pada hasil belajar siswa. Model inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang menjadikan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran karena memuat aktivitas diskusi untuk menyelesaikan permasalahan dan menemukan konsep secara mandiri, sehingga dengan model inkuiri terbimbing dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi dan memberi perubahan lebih baik pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Pasuruan; 2) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Pasuruan; dan 3) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian berupa posttest only control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 37 siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa kelas X-3 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar soal kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar. Pengambilan data dilakukan dengan tes. Adapun analisis data menggunakan uji T bebas (independent sample T-test) dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Pasuruan; 2) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Pasuruan; dan 3) ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Pasuruan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212193034 SYEKHAH HIKMAH
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:01
Last Modified: 22 Jul 2023 09:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37738

Actions (login required)

View Item View Item