PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

LAILI NUR HANIFA, 12201193170 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Di Mts Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Laili Nur Hanifa, NIM 12201193170. Pembimbing Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Guru, Membina Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan budaya yang disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak seimbang dengan kemajuan akhlak, yang ada malah menimbulkan gejala baru berupa rusaknya akhlak terutama di kalangan siswa. Akibat dari rusaknya akhlak ini siswa sering bertindak secara negative. Dari permasalahan tersebut peran guru khususnya guru akidah akhlak mempunyai peran untuk meningkatkan akhlak siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membina akhlak siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membina akhlak siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (3) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai evaluator dalam membina akhlak siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam proses analisa data melalui beberapa tahap reduksi data, penyajiian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, keikutsertaan, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah : (1) Peran Guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam membina akhlak diwujudkan dengan tindakan guru memberikan penguatan dan pemahaman mengenai akidah akhlak, dan menjadi teladan untuk siswa, serta mengembangkan kepribadian siswa melalui pembiasaan membaca dan menghafal al quran sebelum pembelajaran, pembiasaan shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, dan menumbuhkan rasa peduli dengan sesama melalui infaq setiap hari jumat. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membina akhlak siswa yaitu selalu memberikan motivasi baik di dalam pelajaran maupun di luar pembelajaran untuk senantiasa berperilaku baik, memberikan motivasi kepada siswa melalui nasehat, menceritakan kisah nabi dan para sahabat, serta memberi motivasi kepada siswa untuk selalu disiplin dalam beribadah. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai evaluator dalam membina akhlak siswa yaitu melakukan penilaian kognitif untuk mengetahui penguasaan materi pada pelajaran akidah akhlak dan menilai afektif siswa dilihat dari sikap, perbuatan, kedisiplinan, berpakaian, tutur kata, dan ketertiban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193170 Laili Nur Hanifa
Date Deposited: 22 Jul 2023 10:12
Last Modified: 22 Jul 2023 10:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37752

Actions (login required)

View Item View Item