KARISMA PUTRI APRILIA, 12205193080 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (903kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (695kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (956kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di MIN 2 Blitar” ditulis oleh Karisma Putri Aprilia, NIM. 12205193080, pembimbing Dr. H. Asrof Syafi‟i, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Konsentrasi Belajar Guru merupakan individu yang bertanggung jawab untuk mendidik, mengajar, serta mengarahkan peserta didik supaya bisa menguasai suatu kompetensi eksklusif . Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya konsentrasi belajar peserta didik dan masih dijumpai peserta didik yang kesulitan dalam berkonsentrasi. Tentunya dalam hal ini peran guru dalam mengatasi kesulitan fokus belajar yang dialami oleh peserta didik sangat penting. Guru diharapkan mampu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1). Bagaimana peran guru dalam merencanakan pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa?,(2). Bagaimana peran guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa?,(3). Bagaimana peran guru dalam mengevaluasi pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa?(4). Bagaimana peran guru dalam memberikan umpan balik untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsentrasi belajar yang dialami peserta didik dan peran guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di MIN 2 Blitar. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan penelitian studi kasus. Dengan metode pengumpulan data yang meliputi observasi partisipan, wawancara mendalam serta dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan teknik uji kreadibilitas, dependability, konfirmabiliti dan transfermabiliti. Hasil penelitian menunjukkan:(1). Guru berperan sebagai konseptor, merencanakan, mempelajari, mengembangkan materi pelajaran, menyiapkan media pembelajaran, strategi dan langkah-langkah pembelajaran serta melakukan anlisis peserta didik.(2). Guru berperan sebagai pelaksana perencanaan pembelajaran yang telah dibuat, sebagai pembimbing yang mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan metode mengajar yang menyenangkan yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik, berperan sebagai mediator, dan juga sebagai larger manager (pengelolaan kelas).(3). Guru berperan sebagai evaluator mengukur sejauh mana peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran, dalam hal ini guru melakukan evaluasi formatif dan sumatif.(4). Guru berperan sebagai pendamping, motivator dan komunikator dalam menyampikan upaya perbaikan serta untuk memberikan semangat dan dorongan kepada peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah guru berperan sebagai konseptor dalam perencanaan pembelajaran, guru berperan sebagai pelaksana perencanaan pembelajaran, sebagai pembimbing, sebagai mediator, larger manager (pengelolaan kelas), sebagai evaluator dalam evaluasi belajar serta sebagai pendamping, sebagai motivator dan komunikator dalam memberikan umpan balik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193080 KARISMA PUTRI APRILIA |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 04:44 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 04:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37769 |
Actions (login required)
View Item |