Isnaini Prasetiyaningtias, 12201193062 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS 8 MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (844kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (909kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Prasetiyaningtias, Isnaini. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas 8 Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Tulungagung. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Moh. Ali Abdul Shomad Very Eko Atmojo, S.Ag, M.Pd.I Penelitian dalam skripsi ini membahas terkait pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas 8 pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya persiapan peserta didik ketika memasuki pembelajaran, mulai dari kurangnya fokus, semangat dan pengetahuan awal terkait materi, serta kejenuhan peserta didik terhadap model pembelajaran yang monoton dan kurangnya peserta didik untuk terlibat dalam proses pembelajaran, yang secara tidak langsung akan berdampak pada hasil belajar peserta didik khususnya dalam aspek kognitif. Maka dari itu, diperlukan suatu solusi yakni model pembelajaran yang lebih efektif sehingga dapat menyelesaikan masalah tersebut dan berdampak pada pengaruh hasil belajar peserta didik khususnya dalam aspek kognitif. Dengan adanya masalah tersebut, peneliti meneliti pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas 8 mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni, (1) Apakah model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas 8 mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas 8 mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana respons peserta didik kelas 8 di MTsN 3 Tulungagung terhadap pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped? Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan diperolehnya dua kelas yang terbagi mejadi kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped, sementara untuk kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Kemudian untuk data diperoleh melalui hasil pretest dan posttest dari kedua kelas untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan seberapa tinggi pengaruh hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped dengan kelas kontrol yang diberi perlakuan metode konvensional, serta data yang diperoleh melalui angket yang hanya diberikan kepada kelas eksperimen untuk mengetahui respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas 8 mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Tulungagung, hal ini dapat dilihat melalui hasil nilai signifikansi yakni sebesar 0,000. Skor N-gain yang diperoleh kelas eksperimen yakni sebesar 0,66 dimana menunjukkan pengaruh dalam kategori “sedang” dan “cukup efektif”, sementara skor N-gain yang diperoleh kelas kontrol yakni sebesar 0,38 dimana menunjukkan pengaruh dalam kategori “sedang” namun “tidak efektif”. Serta untuk respons peserta didik kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped menunjukkan kategori “sangat setuju”, dengan perolehan rata-rata persentase respons peserta didik sebesar 83,60%. Kata kunci: Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flipped, Hasil Belajar Kognitif Peserta didik, Akidah Akhlak
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Covid-19 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193062 Isnaini Prasetiyaningtias |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:27 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37787 |
Actions (login required)
View Item |