PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsN 2 TRENGGALEK

ISNA KHOTIMATUN KHADLIROH, 12201193247 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di MTsN 2 Trenggalek” ditulis oleh Isna Khotimatun Khadliroh, NIM 12201193247, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru, Pembinaan dan Akhlakul Karimah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah sosial yang disebabkan oleh anak-anak / remaja, yang tidak sedikit dari mereka berasal dari kalangan siswa. Pada dasarnya sekolah telah memberikan didikan dan bimbingan kepada para siswa, namun masih ada siswa yang berperilaku kurang baik. Maka dari itu perlunya keseimbangan antara pendidikan umum dan pendidikan akhlak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTsN 2 Trenggalek, (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTsN 2 Trenggalek, (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTsN 2 Trenggalek. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : (1) untuk mengetahui peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTsN 2 Trenggalek, (2) untuk mengetahui peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MtsN 2 Trenggalek, (3) untuk mengetahui peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTsN 2 Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data di kumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui traingulasi, perpanjangan penelitian dan pemeriksaan dengan teman sejawat. Hasil penelitian yaitu (1) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik yaitu, guru mampu mengelola berjalannya proses pembelajaran, guru harus mempunyai kompetensi dalam bidang akademik dan non akademik, guru memberikan jam tambahan di luar proses pembelajaran, guru memiliki strategi dan metode pembelajaran, menjalin kerja sama antar pendidik, guru melaksanakan evaluasi pembelajaran. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing yaitu, guru menjadi pendamping dan pembimbing siswa di dalam maupun di luar sekolah, guru mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan kreatif, pemberian sanksi kepada siswa yang bertujuan untuk membina akhlak siswa. (3) Peran guru sebagai teladhan yaitu, guru memberikan teladan tentang etika dan cara bersikap yang baik, guru memberikan teladan berpakaian yang sesuai dan sopan, guru memberikan keteladanan tentang kedisiplinan dalam beribadah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193247 ISNA KHOTIMATUN KHADLIROH
Date Deposited: 23 Jul 2023 11:42
Last Modified: 23 Jul 2023 11:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37814

Actions (login required)

View Item View Item