PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII UNGGULAN MTS NEGERI SE-KABUPATEN KEDIRI PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

ALIF RAHMAWATI, 12211193044 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII UNGGULAN MTS NEGERI SE-KABUPATEN KEDIRI PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alif Rahmawati, 12211193044, 2023, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Unggulan Mts Negeri se-Kabupaten Kediri Pada Materi Getaran dan Gelombang” Skripsi, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis, Getaran dan Gelombang Keterampilan proses sains merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam pembelajaran fisika. Keterampilan proses sains membantu siswa untuk mengembangkan sikap ilmiah siswa dan keterampilanya dalam memecahkan masalah. Salah satu hal yang dapat mendukung penguasaan keterampilan proses sains adalah keterampilan berpikir kritis. Dalam keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis digunakan untuk menemukan suatu prinsip atau teori. Keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis tidak tumbuh dengan sendiri di dalam diri siswa, melainkan kedua keterampilan tersebut bisa berkembang apabila guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah problem based learning. Melalui model pembelajaran problem based learning, guru hanya bertugas untuk membantu siswa supaya lebih fokus dengan dirinya sendiri sehingga mampu untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhaadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII unggulan MTs Negeri se-Kabupaten Kediri pada materi getaran dan gelombang. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhaadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII unggulan MTs Negeri se-Kabupaten Kediri pada materi getaran dan gelombang. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhaadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII unggulan MTs Negeri se-Kabupaten Kediri pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII unggulan MTs Negeri se-Kabupaten Kediri yang berjumlah 594. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A MTs Negeri 5 Kediri yang berjumlah 32 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B MTs Negeri 5 Kediri yang berjumlah 32 sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan dalam adalah purposive sampling Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data penelitian, didapatkan hasil : (1) Ada pengaruh pada model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII unggulan MTs Negeri se-Kabupaten Kediri pada materi getaran dan gelombang. Dari analisis data diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000. (2) Ada pengaruh pada model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII unggulan MTs Negeri se-Kabupaten Kediri pada materi getaran dan gelombang. Dari analisis data diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,037. (3) Ada pengaruh pada model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII unggulan MTs Negeri se-Kabupaten Kediri pada materi getaran dan gelombang. Dari analisis data diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193044 Alif Rahmawati
Date Deposited: 23 Jul 2023 11:55
Last Modified: 23 Jul 2023 11:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37816

Actions (login required)

View Item View Item