IRMA MUFIDATUL HIDAYAH, 12211193066 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN PETA KONSEP PADA MATERI GELOMBANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (675kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep pada Materi Gelombang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 1 Tulungagung” yang ditulis oleh Irma Mufidatul Hidayah, NIM.12211193066, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Kata Kunci : Peta Konsep, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang cenderung menggunakan metode ceramah yaitu guru sebagai pusat pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang termotivasi mengembangkan potensi dan imajinasinya. Siswa mengalami sedikit kejenuhan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya sebagian nilai siswa masih ada yang kurang dari KKM. Maka diperlukan model pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa salah satunya adalah model STAD berbantuan peta konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh dari model STAD berbantuan peta konsep terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 01 Tulungagung materi Gelombang. 2) Untuk mengetahui pengaruh dari model STAD berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 01 Tulungagung materi Gelombang. 3) Untuk mengetahui pengaruh dari model STAD berbantuan peta konsep terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 01 Tulungagung materi Gelombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Bentuk desain yang digunakan adalah Pre-Test and Post-Test with Non-equivalent Control Grup Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 01 Tulungagung, sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data yang digunakan ada tiga uji yaitu : 1) Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas). 2) Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas). 3) Uji Hipotesis (Uji-T dan Uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh STAD berbantuan peta konsep terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 01 Tulungagung materi Gelombang dengan perolehan hasil Uji-T menunjukkan nilai sig. 0,00 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh model STAD berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 01 Tulungagung materi Gelombang dengan perolehan hasil Uji-T menunjukkan nilai sig. 0,013 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Terdapat pengaruh model model STAD berbantuan peta konsep terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 01 Tulungagung materi Gelombang dengan perolehan hasil Uji-MANOVA menunjukkan nilai sig. 0,00 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Sarjana 12211193066 IRMA MUFIDATUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:33 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37831 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
View Item |