ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA PGRI 1 JOMBANG PADA MATERI ASAM BASA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

SYANDIFA ROHADLOTUL 'AISY, 12212193055 (2023) ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA PGRI 1 JOMBANG PADA MATERI ASAM BASA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Syandifa Rohadlotul 'Aisy 12212193055, Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI 1 Jombang pada Materi Asam Basa Ditinjau dari Perbedaan Gender, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Gender, Asam Basa Tingkat keterampilan berpikir kritis yang dimiliki siswa sangat berpengaruh untuk hasil pembelajaran dan cara siswa menyelesaikan masalah yang dapat berpengaruh untuk kesuksesan di masa depan. Penyampaian materi asam basa di SMA PGRI 1 Jombang menggunakan metode ceramah, diskusi dan praktikum, tetapi topik diskusi dan soal-soal latihan yang digunakan masih terbatas secara teori saja yaitu level taksonomi bloom C1, C2 dan C3 yang mana hal tersebut kurang mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Soal berpikir kritis sangat diperlukan sebagai inovasi baru untuk mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Selain itu, sampai saat ini gender masih menjadi perdebatan sebagai prediktor keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1.) menganalisis profil keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa; 2.) mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan pada materi asam basa; 3.) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan pada materi asam basa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto comparative, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPA SMA PGRI 1 Jombang tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang diambil adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Jombang sebanyak 104 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa 15 butir soal uraian dan wawancara. Instrumen soal tes yang sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan indikator keterampilan berpikir kritis sesuai teori Ennis (2011) serta termasuk kategori level taksonomi bloom C4, C5 dan C6. Instrumen soal tes mendapatkan rata-rata persentase nilai kevalidan 91,4% dari 2 validator, berada di kategori sangat baik. Hasil uji coba empiris instrumen soal tes diperoleh bahwa soal bersifat valid, hasil reliabilitas soal 0,836 berada di kategori tinggi dengan 5 soal sedang dan 10 soal sukar, serta seluruh soal daya pembedanya sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) Tingkat keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil rata-rata nilai keseluruhan yaitu 27,43 termasuk kategori sangat kurang kritis. 2.) Ditinjau dari perbedaan gender, terdapat perbedaan nilai rata-rata siswa laki-laki lebih rendah yaitu 24 dan perempuan lebih tinggi yaitu 29. 3.) Hasil uji signifikansi menggunakan uji independent sample T-test, bahwa tidak ada perbedaan tingkat keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan. Data pendukung perbedaan keterampilan berpikir kritis berdasarkan gender menggunakan hasil wawancara yang dianalisis secara deskriptif, dan diperoleh bahwa perbedaan hasil lebih dipengaruhi faktor eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193055 Syandifa Rohadlotul 'Aisy
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:26
Last Modified: 02 Aug 2023 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37922

Actions (login required)

View Item View Item