MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KEDIRI

NISWATUN KHASANAH, 12207193010 (2023) MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri ini ditulis oleh Niswatun Khasanah, NIM 12207193010 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr.H.Masduki, M.Ag. Kata Kunci : Manajemen Humas, Citra Lembaga Konteks penelitian ini karena pentingnya lembaga pendidikan dan manajemen humas dalam menngkatkan citra lembaga agar sesuai dengan peraturan undang undang. Keberhasilan dalam penyeleggaraan lembaga pendidikan harus memiliki hubungan masyarakat atau yang disebut public relation merupakan kompenen lembaga pendidikan yang memiliki posisi strategis. Sehingga perlu adanya pengelolaan yang tepat terkait program humas di madrasah aliyah negeri 4 kediri menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan citra lembaga di program humas. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri, (2) Bagaimana pelaksanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri,(3) Bagaimana evaluasi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri. Dalam skripsi ini penelitian yang digunakan adalah kualitatif serta mengunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu mulai observasi partisipan,wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mulai tiga tahap yakni kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data mengunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi (triangulasi teknik dan triaqngulasi sumber). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaacn Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri melalui tahapahan wilayah sasaran humas adalah internal dan eksternal warga madrasah seperti siswa dan masyarakat, Efektivitas dari setiap pekerjaan humas adalah dengan melaksanakan perencanaan pelaksanaan maupun evaluasi, Memilih hasil yang ingin dicapai adalah dengan membuat skala prioritas agar yang diinginkan bisa tercapai, Dalam mempersiapkan rencana tindakan humas adalah dengan melakukan rapat kerja awal tahun agar program dapat tersampaikan (2) Pelaksanaan Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra di Lembaga di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri dengan mengetahui Orang yang terlibat dalam pelaksanaan humas adalah pengolah sekolah seperti kepala sekolah dan tim humas, Bentuk pelaksanaan humas yaitu melalui website, majalah, sosialisasi dan memberikan manfaat bagi hubungan masyarakat dan menghasilkan suatu yang positif terhadap inovasi humas, Cara komunikasi secara langsung atau tidak langsung dalam pelaksanaan program humas dalam menyampaikan informasi (3) Evaluasi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri dilakukan melalui Teknik evaluasi humas adalah memperbaiki program sebelumnya sehingga dalam teknik evaluasi itu selesai secara tertulis dalam manajemen humas seperti rapat awal tahun dan akhir tahun, Bentuk evaluasi humas yaitu menyampaikan informasi lebih bisa melakukan komunikasi dengan masyarakat, Cara perbaikan program humas yaitu dengan adanya laporan secara tertulis dalam kegiatan atau program yang nanti dilaporkan secara umum yang mana perlu ada perbaikan untuk program yang akan datang, Dampak evaluasi manajemen humas berdampak positif dan sangat bagus dalam mengetahui informasi secara utuh itulah yang menjadi harapan madrasah agar tercipta manajemen humas yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207193010 Niswatun Khasanah
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:27
Last Modified: 23 Aug 2023 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37963

Actions (login required)

View Item View Item