PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GELOMBANG SISWA KELAS 8 MTsN 1 BLITAR

SATRIO WIBOWO, 12211193058 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GELOMBANG SISWA KELAS 8 MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang Siswa Kelas 8 MTsN 1 Blitar” ditulis oleh Satrio Wibowo, NIM 12211193058, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Student Teams Achievement Division, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya beberapa masalah terkait dengan proses belajar mengajar khusunya pada mata pelajaran IPA Fisika di MTsN 1 Blitar. Masalah yang paling utama adalah kemampuan siswa yang masih belum menguasai konsep fisika pada materi sebelumnya. Hal ini membuat siswa kesulitan dalam memahami konsep fisika yang akan diajarkan selanjutnya. Selain itu kurangnya materi yang diperoleh siswa serta siswa yang masih kesulitan dalam menghitung rumus fisika menjadi faktor yang menghambat proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah salah satu alternatif metode yang dapat dipilih oleh guru dalam menyampaikan materi yang ingin diajarkan kepada siswa. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa dapat belajar dan bekerja dalam kelompok kecil secara kolaboratif bersama anggotanya dengan struktur kelompok yang heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi gelombang kelas 8 MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuanitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunnakan desain Quasi Eksperiment dengan pola Non Equivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas 8 MTsN 1 Blitar yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 381. Sampel penelitian ini ditentukan dengan tehnik Purposive Sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, homogenitas, uji normalitas, independent t-test, Maan Whitney dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat belajar siswa pada materi gelombang siswa kelas 8 MTsN 1 Blitar. Berdasarkan uji hipotesis dengan tehnik Uji T-Test dengan taraf signifikansi 5% nilai sig. (0.269) > 0.05. (2) Tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang siswa kelas 8 MTsN 1 Blitar. Hasil uji menggunakan tehnik Mann Whitney sig. bernilai 0.239 > 0.05. (3) Tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi gelombang siswa kelas 8 MTsN 1 Blitar. Menggunakan uji Kruskal Wallis nilai sig 0.856 > 0.05 pada minat siswa dan sig. 0.239 > 0.05. pada hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193058 Satrio Wibowo
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:18
Last Modified: 05 Sep 2023 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37966

Actions (login required)

View Item View Item