FARIDATUZ ZUROIDA, 12201193036 (2023) PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (703kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (550kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (831kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta didik di MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Faridatuz Zuroida, NIM 12201193036, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Pembiasaan, Shalat Dhuha Berjamaah, Karakter Religius Adanya arus globalisasi membuat kemajuan zaman, meningkatnya pertukaran budaya hingga menurunnya perilaku dan sikap jujur dan disiplin khususnya pada anak usia remaja pada zaman modern ini di pengaruhi oleh canggihnya teknologi dan menipisnya kesadaran bahkan hilangnya sikap jujur dan disiplin yang menyebabkan karakter seseorang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dari pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di madrasah tsanawiyah negeri 5 kediri. Hal ini ditujukan agar peserta didik tidak hanya mengerjakan shalat wajib saja, akan tetapi juga ditanamkan kegiatan keagamaan yang dapat membantu pembentukan karakter religius dalam diri peserta didik sehingga membangun kesadaran pada peserta didik tersebut untuk melaksanakan shalat sunnah, salah satunya shalat dhuha. Karena barangsiapa yang istiqomah melaksanakan shalat dhuha akan dimudahkan urusannya dan dilancarkan rezekinya. Fokus penelitian ini adalah (1)Bagaimana Peran Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri? (2)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri? (3)Bagaimana dampak dari pembiasaan shalat Dhuha berjamaah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dan orang tua. Data sekunder yaitu jurnal guru, dan catatan guru, dokumen admistrasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pemeriksanaan keabsahan data yaitu: Krediblitas (credibility), uji kredibilitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trianggulasi sumber, dan pengecekan instrumen oleh validator. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa MTsN 5 Kediri berupaya menerapkan pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah. Hal ini dapat dilihat dari (1) Peran pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTsN 5 Kediri di laksanakan setiap hari, senin sampai sabtu pada pukul 07.00-07.15 WIB. Shalat dhuha berjamaah ini dilaksanakan secara berjamaah di musholla madrasah dan didampingi oleh pendidik yang bertugas mendampingi peserta didik pada hari tersebut dari awal pelaksanaan sampai selesai pelaksanaan. (2) faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah di MTsN 5 Kediri yaitu ada dua fktor, faktor internal dan eksternal. (3) Dampak pembiasaan shalat dhuha berjamaah dapat dikatakan cukup baik. Hal ini ditandai dengan perubahan perilaku positif. Perubahan itu terlihat: pertama, peserta didik lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. peduli terhadap sesama, cinta damai, religius, menghormati orang yang lebih tua. Kedua, sifat agamisnya meningkat. Ketiga, kepribadiannya kearah yang lebih positif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 01:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 01:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38001 |
Actions (login required)
View Item |