PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STOIKIOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI

VINA QONI'ATUL MAHSUSI, 12212183071 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STOIKIOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Stoikiometri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di MA Darul Hikmah”, ditulis oleh Vina Qoni’atul Mahsusi, NIM 12212183071, dosen pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing Stoikiometri, Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Kimia menjadi salah satu mata pelajaran yang kurang disukai dikalangan siswa,karena dalam sains terutama kimia dipelajari hal-hal yang abstrak. Berdasarkan hasil pengamatan di MA Darul Hikmah, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia masih rendah dibawah rata-rata nilai (Kriteria Ketuntasan Minimum) KKM, salah satunya adalah materi Stoikiometri. Hal sedemikian rupa terjadi karena adanya kendala – kendala seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pembelajaran inkuiri terbimbing mencakup 5 fase yaitu, mengajukan pertanyaan atau masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi stoikiometri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MA Darul Hikmah (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi stoikiometri terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Darul Hikamh (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi stoikiometri terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X di MA Darul Hikmah Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain post test only control group design. Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dan dua variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, pada kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pada kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dari hasil post test. Teknik analisis data yang digunakan uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji analisis prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi stoikiometri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MA Darul Hikmah (2) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi stoikiometri terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Darul Hikmah (3) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi stoikiometri terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X di MA Darul Hikmah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212183071 VINA QONI'ATUL MAHSUSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 13:03
Last Modified: 01 Aug 2023 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38008

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item