KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF SILOGISME DAN KONDISIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL BERDASARKAN GAYA KOGNITIF KELAS X MAN 3 BLITAR

IRMA AULIA SAPUTRI, 17204163161 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF SILOGISME DAN KONDISIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL BERDASARKAN GAYA KOGNITIF KELAS X MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Irma Aulia Saputri. 17204163161, 2022. Kemampuan Penalaran Deduktif Silogisme dan Kondisional Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif Kelas X di MAN 3 Blitar,. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Penalaran Deduktif Silogisme dan Kondisional, Penyelesaian Soal Cerita, Gaya Kognitif, Sistem Persamaan Linier tiga Variabel. Objek dasar matematika berupa fakta, konsep, relasi/oprasi dan prinsip yang abstrak sehingga untuk memahaminya tidak cukup hanya dengan menghafal saja tetapi juga memerlukan adanya penalaran siswa. Kemampuan Penalaran deduktif silogisme dan kondisional merupakan untuk mencari jalan keluar dalam mencapai suatu tujuan, juga memerlukan kesiapan, kreatifitas, kemampuan dan pengetahuan dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif kondisional siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal ceritaSistem Persamaan Linier Tiga Variabel kelas X MAN 3 Blitar, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif Silogisme siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal ceritaSistem Persamaan Linier Tiga Variabel kelas X MAN 3 Blitar, 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif kondisional siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal ceritaSistem Persamaan Linier Tiga Variabel kelas X MAN 3 Blitar, 4) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif silogisme siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel kelas X MAN 3 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis analisis. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa dari kelas X MIA 1 MAN 3 Blitar pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan purposif sampling. Teknik analisis data meliputi, data deskripsi hasil tes tertulis dan hasil wawancara, dianalisis dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Subjek bertipe gaya kognitif field dependent kurang mampu memenuhi indikator penalaran deduktif kondisional dan deduktif silogisme, 2) Subjek bertipe gaya kognitif field independent mampu memenuhi indikator penalaran deduktif kondisional dan deduktif silogisme.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204163161 IRMA AULIA SAPUTRI
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:10
Last Modified: 02 Aug 2023 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38026

Actions (login required)

View Item View Item