DHEA NANDA MAYORA, 12209193018 (2023) PENGGUNAAN WISATA CANDI SANGGRAHAN SEBAGAI MEDIA SUMBER BELAJAR GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SEJARAH BERBASIS METODE FIELDTRIP PADA SISWA KELAS X SMK ISLAM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (421kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (305kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Wisata Candi Sanggrahan Sebagai Sarana Pembelajaran Guna Meningkatkan Kemampuan Belajar IPS Sejarah Berbasis Teknik Fieldtrip Pada Siswa Kelas X SMK Islam Boyolangu Tulungagung” ditulis oleh Dhea Nanda Mayora, NIM 12209193018, pembimbing Ibu Dita Hendriani,M.A Kata Kunci: Candi Sanggrahan, Metode Field Trip, Pembelajaran Sejarah Penelitian ini bermula ketika peneliti menemukan sebuah masalah yang ada di SMK Islam Boyolangu Tulungagung. Pembelajaran sejarah yang dilakukan didalam kelas dengan metode ceramah saja dan terkesan monoton dan membosankan. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat kemampuan belajar sejarah yang kurang maksimal. Oleh karena itu peneliti menemukan gagasan baru untuk memanfaatkan Candi Sanggrahan sebagai media sumber belajar dengan penerapan metode Field Trip. Tentunya penerapan kegiatan tersebut bertujuan agar siswa tidak merasa jenuh setelah mendapatkan pengalaman dan inovasi baru. Tujuan dalam penulisan skripsi ini untuk (1) mengetahui langkah-langkah pembelajaran menggunakan media wisata Candi Sanggrahan pada metode fieldtrip untuk meningkatkan kemampuan belajar IPS sejarah pada siswa kelas X SMK Islam Boyolangu Tulungagung (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran menggunakan media wisata Candi Sanggrahan pada metode fieldtrip untuk meningkatkan kemampuan belajar IPS sejarah pada siswa kelas X SMK Islam Boyolangu Tulungagung (3) mengetahui dampak bagi siswa kelas X SMK Islam Boyolangu Tulungagung pada pembelajaran IPS berbasis teknik fieldtrip untuk meningkatkan kemampuan belajar mengunakan metode Field Trip Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Islam Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 25 orang terhitung sebagai siswa yang menyerahkan angket yang dilakukan oleh peneliti. Hasil yang didapat dalam penelitian ini bahwa metode pembelajaran ini sangatlah berpengaruh pada kemampuan belajar. Dengan memanfaatkan Candi Sanggrahan sebagai sumber pembelajaran sejarah siswa lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran. Salah satu faktor penghambatnya yaitu dana yang dibutuhkan cukup besar, akan tetapi dari faktor pendukungnya yaitu terdapat pembelajaran yang tidak jenuh dan membosankan siswa untuk berfikir secaa nyata dan menciptakan suasana belajar yang menarik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193018 Dhea Nanda Mayora |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 09:07 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 09:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38042 |
Actions (login required)
View Item |