HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

SORAYA SALAE, 12201183505 (2023) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Pembelajaran Daring erhadap Keaktifan dan Hasil belajar Akidah Akhlak Peserta Didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Soraya Salae, NIM. 12201183505, pembimbing H. Muh. Nurul Huda MA. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Keaktifan, Hasil Belajar Penelitian kuantitatif ini dilatar belakangi oleh kemunculan pandemi yang mengakibatkan perubahan sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring. Dalam hal ini peneliti akan mencari hubungan pembelajaran daring terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung mata pelajaran akidah akhlak serta mencari seberapa besar hubungan yang ada. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah hubungan pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik di MTs Al Ma’arif Tulungagung (2) Adakah hubungan pembelajaran daring terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan pembelajaran daring terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung mata pelajaran akidah akhlak serta mencari seberapa besar hubungannya. Skripsi ini bermanfaat bagi dunia pendidikan mengenai besarnya hubungan pembelajaran daring terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dipertimbangkan dalam mengambil keputusan mengenai kelayakan penerapan daring agar peserta didik tetap aktif dan berhasil. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang hubungan pembelajaran daring dan hasil aktivitas dengan hasil belajar peserta didik di Mts Al-Maarif Tulungagung, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Dokumentasi dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana, dan rapot siswa. Dalam pengujian perangkat terdapat dua tahapan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Dua teknik analisis yang digunakan adalah (1) uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. (2) Uji hipotesis, yaitu uji korelasi Pearson atau korelasi product. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa 1) Terdapat hubungan atau korelasi antara variabel X (pembelajaran daring) dengan variabel Y₁ (keaktifan peserta didik) dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,736, yaitu berarti derajat hubungannya termasuk dalam hubungan yang kuat. 2) Tidak terdapat hubungan antara variabel X (Pembelajaran Daring) dengan variabel Y₂ (hasil belajar) dengan nilai signifikansi sebesar 0,093 dan nilai korelasi kedua variabel sebesar -0,385 yang berarti derajat hubungan termasuk dalam lemah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183505 SORAYA SALAE
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:18
Last Modified: 04 Aug 2023 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38182

Actions (login required)

View Item View Item