SINTA EFRIANA MAYASARI, 12206193080 (2023) PENGARUH MEDIA VIDEO EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF A-Z PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (478kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) | Preview |
Abstract
Sinta Efriana Mayasari, 12206193080, 2023 “Pengaruh Media Video Edukatif Untuk Menigkatkan Kemampuan Mengenal Huruf A-Z Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi Kata kunci : Pengaruh Video Edukatif, Kemampuan Mengenal Huruf A-Z Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pengunaan media pembelajaran di TK Al-Hidayah II Wonorejo. Pendidik kurang mengembangkan media pembelajaran yang ada sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan dan kurang diminati siswa. Media video edukatif adalah salah satu media atau alat pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk meningkatkan keampuan mengenal huruf A-Z. Media video edukatif juga dapat menumbuhkan minat belajar siswa agar tetap produktif selama pembelajarn. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh media video edukatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf A-Z pada anak usia 5-6 Tahun 2) Seberapa besar pengaruh video edukatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf A-Z pada anak usia 5-6 tahun. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video edukatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf A-Z pada anak usia 5-6 tahun. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah TK Al-Hidayah II Wonorejo, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengejaran, bagi para guru TK Al-Hidayah II Wonorejo, sebagai dasar untuk mrningkatkan proses pembelajaran. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi peneliti lebih labjut. Penelitian dengan mengunakan metode penelitian dengan subek tunggal. Desain yang digunakan yaitu desain A-B-A yang terdiri dari tiga kondisi yaitu baseline (A-1), interverensi (B) dan baseline 2 (A-2). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data keseluruhan, dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui media video edukatif dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf A-Z. Peningkatan kemampuan mengenal huruf A-Z ini dibuktikan adanya peningkatan mean level pada kondisi baseline-1 (A- 1) yaitu 0%, kondisi interverensi (B) yaitu 16,6% dan yang terakhir kondisi baseline-2 (A-2) yaitu 33,3%. Dari hasil tersebut dapat terlihat subjek (A) mengalami peningkatan yang cukup baik dalam penelitian ini meski tidak optimal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193080 SINTA EFRIANA MAYASARI |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:03 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 08:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38194 |
Actions (login required)
View Item |