PENGARUH MEDIA VIDEO EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF A-Z PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

SINTA EFRIANA MAYASARI, 12206193080 (2023) PENGARUH MEDIA VIDEO EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF A-Z PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Sinta Efriana Mayasari, 12206193080, 2023 “Pengaruh Media Video Edukatif Untuk Menigkatkan Kemampuan Mengenal Huruf A-Z Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi Kata kunci : Pengaruh Video Edukatif, Kemampuan Mengenal Huruf A-Z Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pengunaan media pembelajaran di TK Al-Hidayah II Wonorejo. Pendidik kurang mengembangkan media pembelajaran yang ada sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan dan kurang diminati siswa. Media video edukatif adalah salah satu media atau alat pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk meningkatkan keampuan mengenal huruf A-Z. Media video edukatif juga dapat menumbuhkan minat belajar siswa agar tetap produktif selama pembelajarn. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh media video edukatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf A-Z pada anak usia 5-6 Tahun 2) Seberapa besar pengaruh video edukatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf A-Z pada anak usia 5-6 tahun. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video edukatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf A-Z pada anak usia 5-6 tahun. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah TK Al-Hidayah II Wonorejo, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengejaran, bagi para guru TK Al-Hidayah II Wonorejo, sebagai dasar untuk mrningkatkan proses pembelajaran. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi peneliti lebih labjut. Penelitian dengan mengunakan metode penelitian dengan subek tunggal. Desain yang digunakan yaitu desain A-B-A yang terdiri dari tiga kondisi yaitu baseline (A-1), interverensi (B) dan baseline 2 (A-2). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data keseluruhan, dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui media video edukatif dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf A-Z. Peningkatan kemampuan mengenal huruf A-Z ini dibuktikan adanya peningkatan mean level pada kondisi baseline-1 (A- 1) yaitu 0%, kondisi interverensi (B) yaitu 16,6% dan yang terakhir kondisi baseline-2 (A-2) yaitu 33,3%. Dari hasil tersebut dapat terlihat subjek (A) mengalami peningkatan yang cukup baik dalam penelitian ini meski tidak optimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193080 SINTA EFRIANA MAYASARI
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:03
Last Modified: 04 Aug 2023 08:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38194

Actions (login required)

View Item View Item