KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA NYONYA-NYONYA KARYA WISRAN HADI DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA DI SMA

CUT ANDI SALSABILLA, 12210193096 (2023) KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA NYONYA-NYONYA KARYA WISRAN HADI DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA DI SMA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Kritik Sosial dalam Naskah Drama Nyonya-Nyonya Karya Wisran Hadi dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka di SMA ini ditulis oleh Cut Andi Salsabilla, NIM 12210193096, pembimbing Dian Risdiawati, M.Pd. Kata kunci: kritik sosial, naskah drama, pembelajaran bahasa Indonesia Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tidak akan terlepas dengan adanya materi mengenai drama. Hal tersebut sesuai dengan capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka fase F mata pelajaran bahasa Indonesia pada elemen membaca dan memirsa. Pada elemen tersebut peserta didik diharapkan mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi salah satunya yakni teks drama. Salah satu naskah drama yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar yakni naskah drama yang mengandung kritik sosial. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kritik sosial yang terdapat dalam naskah drama Nyonya-Nyonya yang nantinya diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum merdeka di SMA sebagai alternatif bahan ajar, dengan tujuan untuk membantu pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan rancangan penelitian kualitatif sehingga penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian tersebut dipilih karena data yang diperoleh berupa kata, frasa, atau kalimat dalam naskah drama yang mengandung kritik sosial akan diuraikan dalam bentuk uraian deskriptif sesuai dengan sudut pandang peneliti. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara dengan instrumen utama yakni peneliti sendiri. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Sosiologi sastra dengan teori Marxis digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis kritik sosial diperoleh hasil bahwa naskah drama Nyonya-Nyonya mengandung berbagai jenis kritik sosial meliputi kritik sosial masalah politik, pendidikan, ekonomi, budaya, moral, keluarga, teknologi, dan agama. Namun kritik sosial masalah moral yang paling dominan di antara kritik sosial lainnya, yang di dalamnya membahas mengenai kritikan terhadap kemerosotan moral meliputi sikap materialistis, perselingkuhan, kekerasan, lunturnya sopan santun dan lain sebagainya. Selain itu, berdasarkan hasil analisis kurikulum diketahui bahwa naskah drama Nyonya-Nyonya dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar Kurikulum Merdeka di SMA dan membantu pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Naskah
Bahasa Dan Sastra > Sastra
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193096 Cut Andi Salsabilla
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:24
Last Modified: 09 Aug 2023 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38214

Actions (login required)

View Item View Item