PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 4 JOMBANG

AFRISKA AMELIA HERWINSYAH PUTRI, 12212193101 (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid di MAN 4 Jombang” ini ditulis oleh Afriska Amelia Herwinsya Putri, NIM. 12212193101, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : Project Based Learning(PjBL), Etnosains, Hasil Belajar Siswa, Koloid. Kajian budaya dan sains khususnya kimia bisa dipadukan dalam etnosains. Kecamatan Wonosalam jombang memiliki potensi alam berupa susu sapi khas Wonosalam yang dapat dikaitkan dengan materi Koloid. Siswa perlu diberi kesempatan agar aktif, mengkonstruk pengetahuannya dengan menyelesaikan sebuah proyek berkaitan dengan Etnosains. Model pembelajaran yang direkomedasikan Kurikulum Merdeka saat ini adalah Project Based Learning (PjBL) untuk membuat siswa lebih memahami konsep dan meningkatkan hasil Belajar. PjBL yang diimplementasikan berlandaskan kebudayaan dan kearifan lokal diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta pada budaya bangsa dan juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui respon siswa kelas eksperimen dalam proses pembelajaran menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains Pada Materi Koloid di MAN 4 Jombang (2) Mendeskripsikan Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid di MAN 4 Jombang (3) Untuk mengetahui hasil nilai proyek siswa kelas eksperimen siswa dalam proses pembelajaran menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains Pada Materi Koloid di MAN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain Post -Test only Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 4 Jombang. Teknik yang digunakan adalah Purporsive sampling dan sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 6 (kelas Eksperimen) berjumlah 28 Orang sedangkan kelas XI MIA 7 (kelas kontrol) berjumlah 27 Orang. Instrumen yang digunakan yaitu Instrumen perlakuan berupa RPP dan LKPD dan Instrumen pengukuran berupa angket respon, tes berupa soal pilihan ganda dan penilaian proyek. Teknik pengumpulan data berupa Angket Respon siswa, Post Test dan Penilaian Proyek. Berdasarkan hasil uji coba validitas soal diketahui bahwa 20 item soal yang diuji cobakan dinyatakan 15 valid. Nilai reliabel tes secara keseluruhan adalah 0,878 termasuk dalam kriteria “sangat tinggi”. Teknik analisis data menggunakan Uji Prasyarat Analisis yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas yang mendapatkan hasil bahwa data merupakan normal dan homogen lalu menggunakan Uji Hipotesis yaitu Statistik Deskriptif. dan Uji-T dengan hasil Ho ditolak dengan kesimpulan ada pengaruh Model PjBL berbasis etnosains terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Respon siswa pada kelas eksperimen terhadap Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains pembelajaran ini adalah memiliki skor Rata-rata 89,96% (2) Ada pengaruh model xv Project Based Learning (PjBL) berbasis etnosains terhadap hasil belajar siswa materi koloid MAN 4 Jombang. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t hitung 5.350 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.00, sehingga H 0 ditolak (3) Penilaian Proyek pada kelas eksperimen dengan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains pembelajaran ini memiliki Nilai rata-rata Proyek siswa kelas XI MIA 6, yaitu 80,91 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Kimia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: ASFIYATUS SHOLIKHAH
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:13
Last Modified: 10 Aug 2023 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38232

Actions (login required)

View Item View Item