SYIFA FADHILAH SALSABILA, 12205193205 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAGI SISWA DI SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (395kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bagi Siswa Di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Syifa Fadhilah Salsabila, NIM: 12205193205, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru, Kesulitan Belajar Kesulitan belajar merupakan salah satu faktor penghambat dalam proses pembelajaran. Kesulitan yang dialami oleh siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yakni dari diri sendiri berupa rendahnya intelektual anak yang menyebabkan lambatnya pemahaman terhadap pembelajaran. Kemudian faktor eksternal berupa lingkungan sekitar seperti kurangnya perhatian orang tua dalam kegiatan belajar siswa. Siswa yang mengalami kesulitan belajar membutuhkan perhatian dalam proses belajarnya. Kesulitan belajar siswa ini dapat ditangani dengan baik menggunakan strategi yang efektif. Selain itu guru juga dituntut untuk lebih kreatif serta aktif dalam menguasai strategi pembelajaran karena tingkat kesulitan belajar siswa yang berbeda-beda. Adapun untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana persiapan guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung (membaca, menulis, dan berhitung) bagi siswa di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung (membaca, menulis, dan berhitung) bagi siswa di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung (membaca, menulis, dan berhitung) bagi siswa di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan untuk keabsahan data temuan dengan teknik verifikasi, serta tahap-tahap penelitian yang meliputi tahap perencanaan, persiapan, kerja lapangan, analisis data, serta tahap Penulisan Laporan Hasil Penelitian. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Persiapan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Calistung (Membaca, Menulis, dan Berhitung) Bagi Siswa di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yaitu dari pihak sekolah memberikan pelatian pembuatan RPP guru, Selanjutnya guru mempersiapkan RPP yang akan digunakan dalam pembelajaran, dan menentukan model/metode yang dicantumkan dalam RPP, 2) Pelaksanaan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Calistung (Membaca, Menulis, dan Berhitung) Bagi Siswa di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yaitu sekolah melaksanakan supervisi serta pemantauan terhadap para guru, lalu guru membangun suasana kelas yang menyenangkan seperti menyelingi pembelajaran dengan ice breaking, membuat media dan menggunakan metode pembelajaran calistung, 3) Evaluasi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Calistung (Membaca, Menulis, dan Berhitung) Bagi Siswa di SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yaitu dengan memberikan umpan balik pada siswa terhadap materi calistung yang dipelajari. Memberikan latihan soal-soal calistung, lalu membagikan hasil tes kepada siswa untuk diberitahukan kepada orang tua. Untuk nilai siswa yang dibawah KKM guru mengadakan remidial les kelancaran calistung. Serta adanya dukungan motivasi belajar dari guru untuk para siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193205 SYIFA FADHILAH SALSABILA |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:34 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38293 |
Actions (login required)
View Item |