ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BMT DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada BMT Muamalah Kutoanyar dan BMT Agawe Makmur Tulungagung)

VANI SEPTIANA DEWI, 12401193108 (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BMT DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada BMT Muamalah Kutoanyar dan BMT Agawe Makmur Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (641kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pengembangan Produk pada BMT dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi pada BMT Muamalah Kutoanyar dan BMT Agawe Makmur Tulungagung) ini ditulis oleh Vani Septiana Dewi dengan NIM (12401193108), pembimbing Dr. Ahmad Supriyadi M.Pd.I Penelit ian ini didasari oleh strategi pengembangan produk yang dilakukan BMT untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi peningkatan kualitas produk, strategi peningkatan keistimewaan produk dan strategi peningkatan gaya produk pada BMT dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Dengan adanya strategi pengembangan produk diharapkan kedepannya BMT Muamalah Kutoanyar dan BMT Agawe Makmur Tulungagung mampu meningkatkan keunggulan bersaing. Penelit ian ini menggunakan pendekatan kualitat if dengan jenis penelit ian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan penelit ian melalui uji kredibilitas, uji transferbilit y, uji dependabilit y dan uji confirmabilit y. Hasil penelit ian ini menunjukkan bahwa 1) strategi peningkatan kualitas produk yang ada pada BMT Muamalah Kutoanyar dengan mengumpulkan keluh kesah nasabah, melakukan rapat untuk mencari solusi, mengimplementasikan door to door, serta respon dari anggota. Sedangkan pada BMT Agawe Makmur dengan melakukan analisis SWOT, membuat skala prioritas, peningkatan kualitas pelayanan serta respon dari anggota. 2) Strategi peningkatan keist imewaan produk pada BMT Muamalah Kutoanyar dengan melakukan fokus bekerjasama dengan UMKM, mengimplementasikan door to door serta respon yang baik dari anggota. Sedangkan pada BMT Agawe Makmur Tulungagung dengan bekerjasama dengan LPK, upgrade model pelayanan, mengimplementasikan kerjasama dengan saling berbagi resiko, respon yang baik dari anggota, serta BMT tidak terlalu menghawatirkan daya saing karena BMT Agawe Makmur Tulungagung masih menjadi satu-satu nya yang bekerjasama dengan LPK. 3) Strategi peningkatan gaya produk pada BMT Muamalah Kutoanyar yaitu dengan membuat produk simpanan dan produk pembiayaan menjadi beberapa jenis, membuat gaya produk baru arisan, mengimplementasikan gaya produk dengan menyarankan anggota untuk melakukan simpanan atau pembiayaan sesuai dengan kebutuhan serta mendapat respon yang baik dari anggota. Sedangkan pada BMT Agawe Makmur Tulungagung dengan memunculkan gaya layanan baru pay BMT, mengimplementasikan gaya layanan baru yang dapat digunakan untuk transaksi secara finansial, dan mendapat respon yang baik dari anggota. Kata kunci: BMT, peningkatan, produk, strategi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401193108 Vani Septiana Dewi
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:02
Last Modified: 08 Aug 2023 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38324

Actions (login required)

View Item View Item