STRATEGI GURU AL QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 6 KARANGREJO TULUNGAGUNG

AQIDATUL ROHMAH, 12201193045 (2023) STRATEGI GURU AL QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 6 KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rohmah, Aqidatul. 2023. Strategi Guru Al Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al Qur’an pada Peserta Didik di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Bapak Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru Al Qur’an Hadis, Motivasi Membaca Al Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena bahwa semangat peserta didik dalam membaca Al Qur’an semakin tergeser dan luntur karena sains dan teknologi yang rendah serta masuknya budaya asing yang semakin meluas dan tak terkendali. Sehingga banyak peserta didik yang menganggap membaca Al Qur’an itu kurang begitu penting. Hal ini dapat diketahui dari banyaknya peserta didik yang belum lancar dan belum bisa membaca Al Qur’an. Seorang guru utamanya guru Al Qur’an hadis harus melaksanakan strategi dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an hadis. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru Al Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an pada peserta didik di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru Al Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an pada peserta didik di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung?, 3) Bagaimana hambatan guru Al Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an pada peserta didik di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk memaparkan strategi guru Al Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an pada peserta didik di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung, 2) Untuk memaparkan pelaksanaan strategi guru Al Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an pada peserta didik di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung, 3) Untuk memaparkan hambatan guru Al Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an pada peserta didik di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti menggunakan metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan mendalam, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu guru Al Qur’an hadis, kepala sekolah, waka kurikulum, dan peserta didik yang ada di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung. Sedangkan data sekunder dari dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dengan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru Al Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an pada peserta didik di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung yaitu a) Strategi klasikal individu yang sesuai penerapan strategi ekspository dan inquiry, b) Strategi klasikal baca simak yang sesuai penerapan strategi ekspository. (2) Pelaksanaan strategi guru Al Qur’an hadis dalam meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an pada peserta didik di MTs Negeri 6 Karangrejo Tulungagung yaitu kegiatan pendahuluan dengan guru

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193045 Aqidatul Rohmah
Date Deposited: 01 Sep 2023 10:48
Last Modified: 01 Sep 2023 10:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38385

Actions (login required)

View Item View Item