STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PPKN DI KELAS IV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

YULISTIYA NUR ANGGRAENI, 12205193184 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PPKN DI KELAS IV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok PPKn di Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Yulistiya Nur Anggraeni, NIM 12205193184, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Musrikah, S. Pd.I, M. Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Hasil Belajar, PPKn Indonesia merupakan negara yang berlandaskan Pancasila, maka dari itu Pancasila harus dijadikan sebagai pedoman hidup, salah satu caranya dengan adanya materi pokok PPKn di sekolah sehingga tujuan tersebut dapat tercapai. Pencapaian PPKn di sekolah dapat dilakukan melalui pembelajaran yang beraspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dimana pencapaian tersebut memerlukan strategi yang tepat dari guru. Terdapat guru yang menggunakan strategi yang baik dalam mengajarkan PPKn yaitu guru di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, sehingga perlu dilakukan penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pokok PPKn di Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar afektif peserta didik pada materi pokok PPKn di Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik peserta didik pada materi pokok PPKn di Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui peneliti sebagai instrumen pertama dengan instrumen pendukung berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Subjek primer dalam penelitian adalah guru kelas IV-B dan subjek sekunder kepala sekolah dan siswa. Tahap-tahap analisis penelitian melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar kognitif melalui materi pokok PPKn yaitu guru memberi pengantar materi, mengajak siswa membaca dan memahami materi, menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing, dan memberi penilaian hasil belajar kognitif melalui penilaian tes tulis. (2) Strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar afektif melalui materi pokok PPKn yaitu melalui kegiatan siswa mengidentifikasi karakteristik atau kebiasaan temannya, guru melatih dan mengajak siswa dalam kegiatan bersama seperti gotong royong, guru melatih kejujuran siswanya, guru memberi hukuman atau sanksi, melakukan pembiasaan penanaman akhlak seperti program tahfidz, membaca do’a sebelum pembelajaran, dan inovasi membiasakan siswa untuk berbicara menggunakan bahasa Krama. (3) Strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik melalui materi pokok PPKn yaitu melalui guru memberi nasehat dan gambaran kepada siswa untuk terus mengejar cita-cita, mengamati siswa ketika melakukan praktek dan mencatat setiap tindakan siswa di catatan kecil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193184 YULISTIYA NUR ANGGRAENI
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:15
Last Modified: 08 Aug 2023 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38426

Actions (login required)

View Item View Item