STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung)

ALFIANA ROHMIANI, 12501194026 (2023) STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh fenomena pondok pesantren yang dianggap kualitas dan daya saingnya masih rendah dalam dunia pendidikan. Strategi Humas sangat berperan aktif dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di Pondok. Sebuah lembaga tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya dukungan dan kerjasama dari pihak eksternal lembaga. Dengan adanya dukungan serta kerjasama dari pihak luar akan mempermudah lembaga dalam meningkatkan kualitasnya. Untuk meningkatkan daya saing dengan lembaga pendidikan pondok yang lain maka perlu meningkatkan citra pendidikan melalui strategi hubungan masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mendiskripsikan formulasi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (2) Mendiskripsikan implementasi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (3) Mendiskripsikan evaluasi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian menggunakan rancangan penelitian studi kasus, pendekatan fenomenologi. Temuan dan teori dipaparkan dengan menggunakan landasan berfikir fenomenologis, sedangkan informan dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling, yaitu proses pencarian data dan informan satu bergulir ke informan yang lain atas saran informan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Formulasi strategi yang dilakukan di Pondok Pesantren Darul Hikmah dengan melakukan analisis kebutuhan masyarakat, kemudian menyaring dan menyesuaikan dengan visi, misi, dan kondisi yang ada di lembaga. Penyampaian informasi hubungan masyarakat dilakukan secara langsung dengan pihak terkait dan memanfaatkan multimedia, diantaranya dengan menggunakan media elektronik dan media cetak. (2) Implementasi strategi di Pondok Pesantren Darul Hikmah dilaksanakan dengan mengggunakan strategi kerjasama, yakni dengan berupaya menjaga komunikasi intens dengan pihak internal dan pihak eksternal dalam meningkatkan citra positif lembaga. (3) Evaluasi strategi yang dilakukan di Pondok Pesantren Darul Hikmah secara langsung oleh pimpinan lembaga kepada biro hubungan masyarakat. Pelaksanaan evaluasi dilaksanakan secara langsung pada saat pelaksanaan program yang sifatnya tidak terduga, dan secara tidak langsung yang merupakan evaluasi setiap semester atau tahunan dengan memberikan laporan pertanggung jawaban kinerja secara tertulis kepada pimpinan lembaga.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12208183045 Ahmad Faza Zulfikar
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:18
Last Modified: 08 Aug 2023 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38449

Actions (login required)

View Item View Item