ACHMAD AFANDI, 12211193003 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN DARI YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA KELAS XI IPA DI MA SWASTA SE-KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Hukum Termodinamika Kelas XI IPA di MA Ma’arif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Achmad Afandi, NIM 12211193003, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M. Si. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Youtube , Hasil Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Termodinamika Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang semangat dalam belajar fisika. Hal tersebut terlihat dari sikap siswa selama mengikuti pembelajaran yaitu siswa ramai dan ada yang tidur didalam kelas. Salah satu penyebabnya ialah pembelajaran masih berfokus pada guru dan membosankan, sehingga membuat siswa malas belajar Fisika. Sikap tersebut menunjukkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Fisika rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dari hasil ulangan harian yang diperoleh memiliki nilai di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Pada mata pelajaran Fisika siswa mengalami kesulitan pada materi hukum termodinamika tentang penerapan proses termodinamika dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan video dari YouTube sebagai bentuk upaya yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika. Peneliti memilih media aplikasi YouTube sebagai alat pendukung agar siswa terlibat aktif dalam menganalisis permasalahan yang terjadi dan menghidupkan suasana kelas yang masih terkesan membosankan. Dengan adanya video pembelajaran dari YouTube dapat menggugah semangat dan mempertajam analisa dalam memahami fenomena yang terjadi pada kehidupan nyata. Pemberian stimulus diawal pembelajaran dengan menghubungkan video dari YouTube diharapkan siswa mampu memahami suatu permasalahan secara konkrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan video pembelajaran dari youtube terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI di MA Ma’arif NU Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperiment dengan tipe Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 ditentukan dengan probability sampling jenis simple random sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan 10 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah (1) Uji Instrumen berupa Uji Validitas dan uji reliabilitas. (2) Uji Prasyarat berupa Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. (3) Uji Hipotesis berupa Uji T, Uji MANOVA dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi hukum termodinamika kelas XI IPA di MA Ma’arif NU Kota Blitar dengan perolehan hasil Uji T menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil daripada 0,05 yaitu nilai sig. 0,037 karena 0,037 ≤ 0,05 menyatakan bahwa H_0 ditolak H_a diterima. (2) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum termodinamika kelas XI IPA di MA Ma’arif NU Kota Blitar dengan perolehan hasil Uji T menunjukkan nilai signifikansi le bih kecil daripada 0,05 yaitu nilai sig. 0,000 ≤ 0,05 menyatakan bahwa H_0 ditolak H_a diterima. (3) Terdapat pengaruh positif penggunaan video pembelajaran dari youtube dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap Motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA di MA Ma’arif NU Kota Blitar ditinjau dari Uji MANOVA menunjukkan nilai 0,000 ≤ 0,05 menyatakan bahwa H_0 ditolak H_a diterima. Berdasarkan dari rumusan masalah, hipotesis dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Video Pembelajaran Dari YouTube Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Hukum Termodinamika Kelas XI IPA di Ma Ma’arif NU Kota Blitar”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193003 Achmad Afandi |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 03:02 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38467 |
Actions (login required)
View Item |