NGAROFATUS SA'DIYAH, 12205173019 (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMANFAATKAN APLIKASI WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ROUDLOTUN NASYI’IN MENJANGAN KALUNG DESA SLOROK KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Memanfaatkan Aplikasi WhatsApp Pada Pembelajaran Tematik Di MI Roudlotun Nasyi’in Menjangankalung Desa Slorok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Ngarofatus Sa’diyah, NIM 12205173019, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sayyid Ali Rahmatyullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Strategi guru, Aplikasi WhatsApp, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatar belakangi oleh dampak pandemi Covid-19 yang sekarang mulai merambah ke dunia pendidikan, sehingga pemerintah berupaya untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Pemerintah juga berupaya untuk membatasi segala aktivitas interaksi manusia di luar rumah yang diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut berlaku hampir di seluruh negara termasuk di Indonesia. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Persiapan Guru dalam pembelajaran untuk memanfaatkan aplikais WhatsApp pada pembelajaran Tematik di MI Roudlotun Nasyi’in Menjangankalung Blitar (2) Bagaimana Impementasi guru dalam pembelajaran untuk memanfatkan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran Tematik di MI Roudlotun Nasyi’in Menjangankalung Blitar (3) Bagaimana hasil pembelajaran siswa dengan memanfaatkan aplikasi Whatshap pada Tematik di MI Roudlotun Nasyi’in Menjangankalung Blitar Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian studi kasus karena bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Strategi Guru Dalam Memanfaatkan Aplikasi WhatsApp pada Pembelajaran Tematik di MI Roudlotun Nasyi’in Menjangankalung Blitar secara mendalam. Dengan kata lain, penelitian studi kasus bukan hanya sekedar menjawab pertanyaan penelitian apa objek yang diteliti, tetapi lebih menyeluruh dan komprehensif lagi yaitu tentang bagaimana dan mengapa objek tersebut dipandang sebagai sebuah kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemberian tugas di aplikasi whtasApp melalui chat atau video dan pengambilan buku tugas (LKS) dan pengumpuan hasil pekerjaan siswa dilakukan disekolah, diambilkan oleh wali murid. 2) masih ada siswa yang terkendala karena keluarga hanya memiliki satu handphone dan di bawa bekerja oleh orangtua nya, ada pula yang belum suport aplikasinya, kehadiran siswa dilihat dari pengumpulan tugasnya dan keaktifan bertanya di chat WhatsApp. 3) sudah memiliki dan bisa menggunakan Aplikasi WhatsApp, masih ada siswa yang terkendala karena keluarga hanya memiliki satu handphone dan di bawa bekerja oleh orangtua nya, ada pula yang belum suport aplikasinya, kehadiran siswa dilihat dari pengumpulan tugasnya dan keaktifan bertanya di chat WhatsApp. Aplikasi WhatsApp hanya digunakan sebagai media koordinasi atau menyampaika instruksi tugas yang akan dikerjakan siswa di rumah dan untuk mengendalikan kehadiran juga hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173019 Ngarofatus Sa'diyah |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:22 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38471 |
Actions (login required)
View Item |