NADIA, 12206193084 (2023) PENGARUH PERMAINAN HURUF PUGGUNG BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA TK DHARMA WANITA 2 JAMBU KELOMPOK B. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (583kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (418kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Nadia, 12206193084, 2023 “Pengaruh Permainan Huruf Punggung Berantai Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada TK Dharma Wanita 2 Jambu Kelompok B”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing : Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci : Permainan Huruf Punggung Berantai, Mengenal Huruf, Kelompok B Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya anak dalam mengenal huruf pada anak usia dini terutama pada kelompok B. Dengan kemampuan mengenal huruf yang masih kurang maksimal. Sebagai pendidik untuk menentukan metode pembelajaran sangatlah penting agar perkembangan anak dapat berkembang secara optimal. Salah satuya dengan belajar sambil bermain seperti permainan huruf punggung berantai. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh permainan huruf punggung berantai terhadap kemampuan mengenal huruf pada kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Jambu, Tugu, Trenggalek. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan huruf punggung berantai terhadap kemampuan anak mengenal huruf kelompok B. Hipotesis pada penelitian ini yakni adanya pengaruh permainan huruf punggung berantai terhadap kemampuan mengenal huruf. Serta permainan huruf punggung tresebut cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest – posttest design, dengan populasi seluruh siswa kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Jambu dan sampel dan sampel penelitian yakni berjumlah 8. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena jumlah sampel kurang dari 30. Teknik pengumpulan data menggunakan tes praktik/perbuatan dan diukur dengan instrumen lembar observasi. Hasil penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukkan hasil nilai asymp.sig 0,012. Sehingga nilai 0,012 < 0,05, dapat dinyatakan adanya pengaruh yang signifikan. Serta untuk mengetahui besar pengaruh pada penelitian ini menggunakan uji N-Gain Score yakni sebesar 89% yang berarti efektif sementara 11% dari variabel lain yang tidak diteliti. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan huruf punggung berantai dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita 2 Jambu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193084 Nadia |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 08:21 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 08:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38504 |
Actions (login required)
View Item |