ANALISIS SIKAP BAHASA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKS PUISI MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) KELAS VIII MTsN 7 TULUNGAGUNG

ARIADI YURY SETIAWAN, 12210193087 (2023) ANALISIS SIKAP BAHASA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKS PUISI MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) KELAS VIII MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (597kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Sikap Bahasa Siswa pada Pembelajaran Teks Puisi Menggunakan Metode Small Group Discussion (SGD) Kelas VIII MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Ariadi Yury Setiawan NIM 12210193087 yang dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Sikap Bahasa, Pembelajaran Teks Puisi, Metode SGD Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan sikap bahasa siswa pada pembelajaran teks puisi menggunakan metode Small Group Discussion (SGD) di MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di MTsN 7 Tulungagung karena sekolah tersebut merupakan salah satu dari madrasah riset yang ada di Tulungagung dan sangat mengedepankan literasi bagi siswanya. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memegang peranan penting utamanya dalam proses pembelajaran di sekolah. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan perasaan senang terhadap bahasa Indonesia tentu dapat memberikan sikap bahasa pada siswa ke arah yang lebih positif. Terlebih dalam proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan materi dan metode yang tepat dan selaras untuk disajikan kepada siswa. Fokus penelitian ini adalah sikap bahasa siswa pada pembelajaran teks puisi menggunakan metode Small Group Discussion (SGD) di MTsN 7 Tulungagung. Pertanyaan penelitian tersebut dijabarkan untuk melihat terkait dengan sikap bahasa siswa apakah mengarah pada sikap bahasa positif siswa, yaitu kesetiaan berbahasa siswa, kebanggaan berbahasa siswa, dan kesadaran adanya norma berbahasa atau terdapat sikap bahasa negatif dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-interaktif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini di antaranya sebagai berikut. (1) Kesetiaan berbahasa siswa menunjukkan sikap positif dengan mempertahankan kemandirian bahasa Indonesia melalui rasa senang walaupun terdapat bahasa daerah yang digunakan. (2) Kebanggaan berbahasa siswa menunjukkan sikap positif dengan sadar bahwa sebagai warga negara Indonesia harus mencintai dan bangga terhadap bahasa Indonesia sebagai identitas diri. Walaupun siswa tetap menggunakan bahasa daerah baik di dalam atau di luar pembelajaran. (3) Kesadaran adanya norma berbahasa siswa menunjukkan sikap positif dengan sadar bahwa perlunya menggunakan bahasa dengan cermat dan santun walaupun siswa lebih memilih untuk menggunakan bahasa daerah baik. Secara garis besar, sikap bahasa siswa menunjukkan sikap positif. Tidak terdapat ciri-ciri sikap negatif baik dalam proses pembelajaran atau tanggapan setelah pembelajaran bahasa Indonesia. Siswa menggunakan bahasa Indonesia pada situasi dan kondisi tertentu saja dan cenderung lebih memilih menggunakan bahasa daerah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193087 Ariadi Yury Setiawan
Date Deposited: 08 Aug 2023 13:42
Last Modified: 08 Aug 2023 13:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38520

Actions (login required)

View Item View Item