STRATEGI GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs NEGERI 5 KEDIRI

IFA ALFANI KHOIRIYAH, 12209193073 (2023) STRATEGI GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs NEGERI 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru IPS dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri” ditulis oleh Ifa Alfani Khoiriyah, NIM.12209193073, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing skripsi: Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. NIP. 196602101985031001 Kata Kunci: Strategi, Guru IPS, dan Kompetensi Sosial Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terkait dengan sikap pasif peserta didik untuk menyampaikan ide atau pendapatnya dalam pembelajaran IPS di madrasah. Terdapat pula peserta didik yang individualis, sehingga sikap sosial dalam berinteraksi sosial masih kurang. Kurangnya interaksi antara guru dengan peserta didik maupun antara peserta didik dengan sesama dapat menyebabkan lambatnya pembentukan values dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut menandakan kurangnya nilai sosial pada kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan strategi dari guru IPS untuk mengembangkan kompetensi sosial peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh guru IPS dalam mengembangkan kompetensi sosial pada peserta didik kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru IPS dalam mengembangkan kompetensi sosial pada peserta didik kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri Tahun Ajaran 2022/2023. (3) Untuk mengetahui dampak dari strategi guru IPS dalam mengembangkan kompetensi sosial pada peserta didik kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru ilmu pengetahuan sosial dalam mengembangkan kompetensi sosial pada peserta didik kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri terdapat tiga tahapan, yakni tahap perencanaan dengan penyusunan RPP. Kemudian dalam tahap pelaksanaan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok, dan tahap penilaian dilakukan dengan penilaian sikap. (2) Faktor pendukung dalam mengembangkan kompetensi sosial peserta didik kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri yaitu faktor internal yang meliputi dukungan madrasah; peran guru; dan semangat dari peserta didik, sedangkan faktor eksternal yaitu dukungan dari orang tua. Faktor penghambatnya antara lain kurangnya semangat dan motivasi pada peserta didik, serta kurangnya dukungan maupun perhatian dari orang tua. (3) Dampak strategi guru IPS dalam mengembangkan kompetensi sosial yaitu berkembangnya sikap sosial peserta didik yang menjadikannya mampu beradaptasi di lingkungan masyarakat, mudah berbaur dengan masyarakat, serta berkembangnya pengetahuan dan keterampilan sosial peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:04
Last Modified: 09 Aug 2023 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38539

Actions (login required)

View Item View Item