NABILA FARHAN MILADIYAH, 12206183089 (2023) DINAMIKA GURU DALAM MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA UNTUK MENGENALKAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK PLUS AL-KAUTSAR NGORO JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Dinamika Guru Dalam Memilih Media Pembelajaran Kartu Angka Untuk Mengenalkan Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok A Tk Plus Al-Kautsar Ngoro Jombang” ini ditulis oleh Nabila Farhan Miladiyah, NIM 12206183089, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Media Kartu Angka, Mengenal Lambang Bilangan Konteks Penelitian ini adalah disediakannya media pembelajaran oleh lembaga untuk digunakan dalam proses kegiatan mengenal lambang bilangan. Saat pembelajaran, anak berusia 4-5 tahun sulit dalam mengenal lambang bilangan. Anak belum bisa mengenal lambang bilangan dengan baik dan guru dalam mengenalkan lambang bilangan masih menggunakan cara yang lama dan kurang efektif, seperti anak mendengarkan penjelasan saja. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana dinamika guru dalam memilih media pembelajaran untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Plus Al-Kautsar Ngoro Jombang? (2) Bagaimana evaluasi guru dalam mengenalkan lambang bilangan menggunakan media pembelajaran kartu angka pada anak kelompok A di TK Plus Al-Kautsar Ngoro Jombang?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data peneliti dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lembaga memberi kebebasan pada guru untuk memilih media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, guru memilih media kartu angka dalam pelaksanaan pengenalan lambang bilangan, (2) Evaluasi dalam pembelajaran media kartu angka, yaitu tes anak satu persatu, anak disuruh membilang benda sekitar seperti jumlah jari tangan dan bombik, dan pemahaman tentang kelebihan kekurangan media lebih mendalam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | S1 12206183089 Nabila Farhan Miladiyah |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 08:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38540 |
Actions (login required)
View Item |