STRATEGI ORANG TUA DALAM PENANAMAN KARAKTER SOPAN SANTUN PADA ANAK MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA DI RA KARTINI PAKISREJO TULUNGAGUNG

NA'IQOTUL KHOFIFAH, 12206183042 (2023) STRATEGI ORANG TUA DALAM PENANAMAN KARAKTER SOPAN SANTUN PADA ANAK MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA DI RA KARTINI PAKISREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Orang Tua Dalam Penanaman Karakter Sopan Santun Pada Anak Melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama di RA Kartini Pakisrejo” ini ditulis oleh Na’iqotul Khofifah, NIM 12206183042, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Orang Tua, Karakter Sopan Santun, Bahasa Jawa Krama Konteks Penelitian ini adalah pentingnya pendidikan dari orang tua terhadap karakter sopan santun anak yang dilaksanakan melalui proses berbahasa Jawa krama. Lunturnya budaya basa saat ini hingga kebiasaan lingkungan sekitar yang berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa ngoko ataupun bahasa Indonesia, sehingga banyak anak-anak belum bisa berbahasa Jawa krama dengan baik dan bersikap kurang sopan terhadap orang yang lebih tua. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana orang tua merencanakan penanaman karakter sopan santun pada anak melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama di RA Kartini Pakisrejo? (2) Bagaimana orang tua melaksanakan penanaman karakter sopan santun pada anak melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama di RA Kartini Pakisrejo? (3) Bagaimana orang tua mengevaluasi penanaman karakter sopan santun pada anak melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama di RA Kartini Pakisrejo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan penanaman karakter sopan santun yang dilakukan orang tua dengan mempersiapkan diri untuk menjadi panutan yang baik, menetapkan standar dan harapan yang ingin dicapai, merencanakan kegiatan yang akan dilakukan anak, (2) Pelaksanaan penanaman karakter sopan santun melalui bahasa Jawa krama dilakukan mulai dari mengenalkan bahasa sejak dini, berkomunikasi sehari-hari menggunakan bahasa krama, menambah kosa kata baru setiap hari, mengkomunikasikan rencana dengan anggota keluarga lainnya, memberi pujian disetiap usaha yang dilakukan anak, mengajak guru turut serta dalam proses penanaman karakter (3) Evaluasi penanaman karakter yang dilakukan orang tua adalah mengamati aspek-aspek yang telah dicapai serta mengamati kegiatan mana yang mampu meningkatkan kemampuan bahasa anak .

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: S1 12206183042 NA'IQOTUL KHOFIFAH
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:52
Last Modified: 09 Aug 2023 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38556

Actions (login required)

View Item View Item