PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII MTS BUSTANUL ULUM BLITAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sakhila Febrianti Rahayu, 12210193032 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII MTS BUSTANUL ULUM BLITAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Sakhila Febrianti Rahayu. NIM 12210193032. Skripsi dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTs Bustanul Ulum Blitar Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kemampuan Menulis, Teks Prosedur. Penelitian ini dilandasi oleh kurang tepatnya pelaksanaan model pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTs Bustanul Ulum Blitar, terutama pada materi teks prosedur. Guru belum pernah menerapkan model pembelajaran project based learning. Model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru adalah model pembelajaran langsung, yang pelaksanaannya belum efektif, karena aspek keterampilan menulis siswa masih belum tercapai. Oleh karena itu, perlu diuji apakah model pembelajaran project based learning tersebut berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Blitar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental, bentuk One Group Pre-Test Pos-Test Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas VII F MTs Bustanul Ulum Blitar yang berjumlah 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes, dengan pretest dilakukan sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, dan posttest dilakukan setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran project based learning. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran project based learning diperoleh rata-rata 62,21, dan rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran project based learning diperoleh rata-rata 84,46. Selanjutnya pada pengujian perbedaan dua rata-rata hasil belajar siswa, diperoleh t_hitung = -11,676 (arah hipotesis negatif) dan t_tabel = 2,056 taraf signifikansi 0,05%. Hasil dari t_hitung>t_tabel sehingg H_0 ditolak dan H_a diterima. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193032 Sakhila Febrianti Rahayu
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:17
Last Modified: 09 Aug 2023 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38572

Actions (login required)

View Item View Item