PENGARUH TEKNIK MODELLING DALAM MEMBANGUN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS X DI MAN 1

SANIA SARI RAHMADHINI, 12306193042 (2023) PENGARUH TEKNIK MODELLING DALAM MEMBANGUN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS X DI MAN 1. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB)

Abstract

Sania Sari Rahmadhini. NIM 12306193042. 2023 Pengaruh Teknik Modelling dalam Membangun Perilaku Asertif pada Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Program Sarjana Univeritas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Febranti Putri Navion, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena beberapa siswa kelas X malu untuk bertanya, malu menyampaikan pendapat, serta mereka yang tidak bisa membuka diri untuk bersosialisasi. Tujuan dari penelitian: (1) mengetahui pengaruh teknik modelling dalam membangun perilaku asertif pada siswa kelas X di MAN 1 Blitar. (2) mengetahui seberapa efektifnya teknik modelling dalam meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas X di MAN 1 Blitar, dengan melihat hasil dari uji N-Gain Score. Penelitian ini menggunakan metedologi penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku asertif untuk pretest dan post-test dengan skala likert sebagai skala pengukurannya. Perlakuan yang diberikan yakni dengan teknik modelling, perlakuan diberikan pada sample dalam satu kelompok eksperimen yang berjumlah 12 siswa kelas X di MAN 1 Blitar yang memiliki skor rendah antara 61-79 dalam pengisian angket pretest. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan teknik modelling, dalam membangun perilaku asertif pada siswa kelas X di MAN 1 Blitar. Hal ini didasarkan dari hasil uji paired sample t-test. Hal ini didukung dari hasil uji N-Gain Score pada hasil pretest dan post-test yang menunjukkan adanya keefektifan dalam membangun perilaku asertif pada siswa kelas X di MAN 1 Blitar pada kategori sedang yaitu 0,53. Pelaksanaan layanan konseling kelompok teknik modelling ini telah menunjukkan bahwa teknik ini berpengaruh dalam membangun maupun meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas X di MAN 1 Blitar. Setidaknya layanan konseling kelompok menggunakan teknik modelling telah memberikan pemahaman serta pengalaman baru bagi siswa mengenai pentingnya berperilaku asertif dalam kehidupan sosial maupun dalam berkomunikasi. Kata Kunci : Teknik Modelling; Perilaku Asertif; Siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 12306193042 SANIA SARI RAHMADHINI
Date Deposited: 23 Aug 2023 12:03
Last Modified: 23 Aug 2023 12:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38586

Actions (login required)

View Item View Item