IMPLEMENTASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ THORIQUL HUDA KAUMAN TULUNGAGUNG

AMBAR PUSPITA DHISNA RATNA, 12201193106 (2023) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ THORIQUL HUDA KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (994kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri di TPQ Thoriqul Huda Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Ambar Puspita Dhisna Ratna, NIM. 12201193106, pembimbing Ibu Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Komunikasi Pribadi, Komunikasi Kelompok, Kualitas Bacaan Al-Qur’an. Generasi muda zaman sekarang yang sering dijumpai tidak istiqomah dalam membaca Al-Qur’an. Remaja yang sudah beranjak pada pada tingkat kelas sekolah berikutnya disibukkan dengan kegiatan sekolahnya. Oleh karena itu dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an dibutuhkan keistiqomahannya dalam membaca Al-Qur’an dan juga komunikasi dari seorang guru. Komunikasi seorang guru dikatakan berhasil ketika terjadi timbal balik antara guru dan anak generasi zaman muda saat ini atau dalam lingkup TPQ dapat dikatakan sebagai seorang santri. Komunikasi guru yang baik adalah yang mampu menggerakkan hati santri agar istiqomah dalam belajar Al-Qur’an sekaligus mengamalkan bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Komunikasi Pribadi (Personal Communication) Guru dengan Santri dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al- Qur’an di TPQ Thoriqul Huda Kauman Tulungagung. (2) Bagaimana Komunikasi Kelompok (Group Communication) Guru dengan Santri dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di TPQ Thoriqul Huda Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di TPQ Thoriqul Huda Kauman Tulungagung. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer (Kepala TPQ, guru, dan santri), serta data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode participant observation, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian dari komunikasi pribadi menunjukkan 1) Komunikasi antarpribadi guru dengan santri dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-qur’an santri. 2) Komunikasi intrapribadi yang didapat oleh seorang santri itu sendiri. 3) Komunikasi guru dengan santri memberikan motivasi terhadap santri agar dapat istiqomah dalam membaca Al-Qur’an. Sedangkan komunikasi kelompok 1) Pengelompokan komunikasi kelompok guru dengan santri. 2) Komunikasi kelompok kecil guru dengan santri dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an. 3) Komunikasi kelompok besar guru dengan santri dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:44
Last Modified: 07 Aug 2023 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38592

Actions (login required)

View Item View Item