PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTs NEGERI 3 TULUNGAGUNG

NAFI' QURROTU AININA, 12209193069 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTs NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)

Abstract

Ainina, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Koperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 3 Tulungagung. Skripsi, Program Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurusan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Bagus Setiawan, M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terdapat siswa pada mata pelajaran IPS dibawah KKM. Dalam proses pembelajaran menggunakan metode konvensional yang membuat siswa asik bermain sendiri, tidak minat, serta monoton sehingga siswa malas untuk belajar mata belajar IPS. Metode konvesional juga tidak melibatkan siswa dikarenakan berpusat pada guru saja. Dari situlah yang menyebabkan hasil belajar siswa menurun atau rendah. Salah satu cara yang tepat mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dikarenakan dalam model ini siswa dapat melatih siswa untuk berkerjasama, saling membantu dalam pengetahuan, pemahanan, serta kemampuan. Dari model tersebut agar pembelajaran inovasi, kreatif, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini yaitu, (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan Kelas VIII MTsN 3 Tulungagung ?, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan Kelas VIII MTsN 3 Tulungagung ?, (3) Untuk mengetahui hasil siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan Kelas VIII MTsN 3 Tulungagung ?. Dalam penelitian ini mengunakan penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian Control Grup Pretest-Posttest Design. Desain ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diawali dengan pretest sebelum diberi pelakuan dan diakhiri dengan posttest. Kelas kontrol yang diawal dengan pretest dan posttest tanpa menggunakan merode konvesional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Tulungagung. Berdasarkan dari uji hipotesis yang diperoleh 0,000 < 0,05 dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Berdasarkan uji Effect Size adanya pengaruh sedang dalam pengunaan model kooperatif tieptalking stick terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada mas penjajahan kelas VIII MTs Negeri 3 Tulungagung dengan nilai Cohen’s d sebesar 1,073 dengan presentase 84% yang tergolong sedang. (3) Berdasarkan respon hasil belajar siswa terhadap model kooperatif tipe talking stick mendaptakn presentase dalam kriteria hasil rata-rata siswa sebesar 70% yang berarti sangat baik atau sangat setuju dengan ada pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam mengingkatkan hasil belajar kelas VIII MTs Negeri 3 Tulungagung. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12201193374 Sholihatul Azizah
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:06
Last Modified: 09 Aug 2023 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38596

Actions (login required)

View Item View Item