NURUL JAMIATUL USNAH, 2817123123 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MI SUNAN GIRI BORO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Jamiatul Usnah NIM 2817123123 dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, IPS, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwasanya siswa kurang merasa tertarik pada saat proses pembelajaran IPS sehingga berdampak kepada rendahnya prestasi belajar siswa. Kondisi tersebut disebabkan oleh : (1) Pada saat pembelajaran IPS guru tidak menggunakan media yang mendukung, hanya menggunakan buku dan siswa disuruh untuk menyimak dan membaca saja (2) Guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa merasa bosan, tidak antusias dan tidak termotivasi dalam belajar serta tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru (3) Pada saat pembelajaran siswa banyak yang berbicara sendiri, sebagian ada yang bermain dengan temannya, (4) Siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM yang ditentukan. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada peserta didik kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar yang diperoleh peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada peserta didik kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, menggunakan dua siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam kelas IV di MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung dilaksanakan melalui langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan yang ditetapkan. 2) Prestasi belajar siswa kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung mengalami peningkatan pada post test siklus I yakni 56,66% dengan nilai rata-rata 69,8 yang sebelumnnya pada pre test hanya 26,66% dengan nilai rata-rata 52,5 kemudian pada post test siklus II meningkat menjadi 90% dengan nilai rata-rata 79,5. Sedangkan indicator keberhasilan proses pembelajaran yaitu aktivitas peneliti dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran juga meningkat. Keberhasilan aktivitas peneliti pada siklus I adalah 83,33% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 96,29%. Dan keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I adalah 78,04% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 95,12%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123123 NURUL JAMIATUL USNAH |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 03:16 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3861 |
Actions (login required)
View Item |