ZENI PUTRI AISAH, 12211193065 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERTIPE HOTS DITINJAU DARI EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI GETARAN KELAS VIII MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bertipe HOTS Ditinjau dari Efikasi Diri Siswa Pada Materi Getaran Kelas VIII MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Zeni Putri Aisah, NIM. 12211193065, dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Efikasi Diri, HOTS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir yang menjadi salah satu tolak ukur tercapainya tujuan suatu pembelajaran fisika, terutama kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill). Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan berpikir kreatif yang dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan fisika secara bebas sesuai kreativitas siswa. Namun terkadang siswa kurang percaya diri dalam menyelesaikan soal fisika sesuai dengan kreativitas yang dimiliki dan hanya meniru apa yang dicontohkan oleh guru. Tujuan penelitian ini ialah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS jika ditinjau dari efikasi diri siswa tinggi kelas VIII MTsN 4 Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS jika ditinjau dari efikasi diri siswa sedang kelas VIII MTsN 4 Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS jika ditinjau dari efikasi diri siswa rendah kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C MTsN 4 Tulungagung yang berjumlah 30 siswa. Kemudian diambil enam siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket efikasi diri, tes kemampuan berpikir kreatif bertipe HOTS, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan efikasi diri tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS. Subjek pertama memperoleh kemampuan berpikir kreatif tinggi dan berada pada tingkat kreatif dengan mampu memenuhi 3 aspek berpikir kreatif. Sedangkan subjek kedua memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dan berada pada tingkat kurang kreatif dengan mampu memenuhi 1 aspek berpikir kreatif. Siswa dengan efikasi diri sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS. Subjek pertama memperoleh kemampuan berpikir kreatif tinggi dan berada pada tingkat tingkat kreatif dengan mampu memenuhi 3 aspek berpikir kreatif. Sedangkan subjek kedua memiliki kemampuan berpikir kreatif sedang dan berada pada tingkat cukup kreatif dengan mampu memenuhi 2 aspek berpikir kreatif. Siswa dengan efikasi diri rendah tergolong berpikir kreatif rendah dan berada pada tingkat kurang kreatif dan tidak kreatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Mahasiswa 12211193065 Zeni Putri Aisah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 08:28 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38617 |
Actions (login required)
View Item |