PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS MTsN 3 TULUNGAGUNG PADA MATERI BANGUN RUANG

MOHAMMAD DZULKHILMI GHOZALIS SALAM, 12204193198 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS MTsN 3 TULUNGAGUNG PADA MATERI BANGUN RUANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (834kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Siswa MTsN 3 Tulungagung pada Materi Bangun Ruang” ditulis oleh Mohammad Dzulkhilmi Ghozalis Salam, NIM. 12204193198, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si., Kata Kunci: Model Pembelajaran Means Ends Analysis, Self Efficacy, Hasil Belajar, Bangun Ruang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Self Efficacy dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal itu disebabkan karena proses pembelajaran matematika sebagian besar masih menerapkan pembelajaran konvensional atau ceramah, sehingga siswa hanya mendengar, mencatat, memperhatikan, dan mengerjakan latihan soal. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mandiri dan berpikir aktif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis ini diharapkan dapat meningkatkan Self Efficacy siswa untuk belajar secara mandiri dan ikut berpikir aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga Self Efficacy siswa bisa meningkat, dan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Self Efficacy siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung pada materi bangun ruang, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung pada materi bangun ruang, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Self Efficacy dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Means Ends Analysis sedangkan varibel terikatnya adalah Self Efficacy dan hasil belajar. Pada penelitian ini sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan tipe purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 342. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G yang berjumlah 34 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII H yang berjumlah 34 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket Self Efficacy dan tes hasil belajar. Kemudian data dianalisis menggunakan uji t sampel independent dan uji MANOVA. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah untuk (1) ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Self Efficacy siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung pada materi bangun ruang dengan nilai signifikan sebesar 0,016, (2) ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung pada materi bangun ruang dengan nilai signifikan 0,008, dan (3) ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Self Efficacy dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung pada materi bangun ruang dengan nilai signifikan 0,001.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: fatma dwi
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:59
Last Modified: 10 Aug 2023 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38703

Actions (login required)

View Item View Item