Devina Aulia Safitri, 12405193028 (2023) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM STRATEGI PEMASARAN UMKM TROPISCO TULUNGAGUNG DI ERA INDUSTRI 4.0. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Devina Aulia Safitri 12405193028, Implementasi Pemanfaatan E-commerce Dalam Strategi Pemasaran UMKM TropiscoTulungagung di Era Industri 4.0. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 2023, Pembimbing:Fitrianatsany, S.sos.. M.A. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menuntut para masyarakat untuk mulai mengenal dan juga selalu berhubungan apapun dengan internet. Transformasi baru dalam peluang berbisnis didorong dengan perkembangan teknologi dan juga internet. Salah satu hidup baru yang lahir adalah belanja melalui internet atau bisa disebut sebagai e-commerce. Pemanfaatan e-commerce tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar, tetapi juga dilakukan oleh UMKM yang terus berinovasi melalui strategi pemasaran yang digunakan pada usahanya. Namun demikian, ketatnya dari persaingan dunia bisnis membuat para pengusaha yang baru merintis usahanya harus benar-benar memikirkan strategi yang tepat dan kemudian menerapkan dalam usaha mereka. Membangun bisnis online bisa menjadi pilihan yang tepat dalam memulai usaha di era ini. Munculnya era revolusi industri 4.0 pada sekitar abad ke-21 telah membawa dampak perubahan baru bagi dunia. Munculnya industri 4.0 ditandai dengan adanya Internet Of Things (IOT) yang artinya penggunaan internet sangat berpengaruh dalam usaha di bidang industri. Di era industri digital tersebut semua proses produksi didukung dengan keberadaan internet. Penerapan konsep industri 4.0 ini memberikan dampak bagi seluruh sektor yang ada, tak terkecuali sektor bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasikan Implementasi Pemanfaatan Ecommerce dalam Strategi Pemasaran UMKM di Era Industri 4.0 pada usaha Tropisco Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan e-commerce dalam strategi pemasaran di era industri 4.0 dapat meningkatkan pendapatan usaha dari Tropisco Tulungagung, produk yang dipasarkan mudah dikenal oleh para konsumen sehingga mereka dimudahkan untuk mendapatkan pelanggan. Selain itu juga pemanfaatan ecommerce dapat menghemat biaya dan juga meningkatkan kecepatan bertransaksi. Kata Kunci: E-commerce, Strategi Pemasaran, UMKM, dan Era Industri 4.0
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Belanja Online Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | S1 12405193028 devina aulia safitri |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:34 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38715 |
Actions (login required)
View Item |