RIETA EMILIA PRADINI, 12204193047 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT KELAS VIII MTSN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (652kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Teorema Phytagoras Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Kelas VIII MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Rieta Emilia Pradini, NIM. 12204193047, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Teorema Phytagoras, Kepribadian Ekstrovert, Kepribadian Introvert. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika yang terjadi di MTsN 2 Trenggalek dimana siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan memecahkan masalah matematika. Sehingga diperlukan suatu kemampuanberpikir kritis untuk memahaminya. Kemampuan berpikir kritis juga memiliki peranan dalam memecahkan suatu masalah. Maka dari itu kemampuan berpikir kritis diperlukan agar seseorang dapat memahami dan mencari penyelesaian dari suatu masalah. Selain itu, seseorang tentunya memiliki kemampuan berpikir yang berbeda terutama kemampuan berpikir kritis, hal ini dipengaruhi beberapa faktor salah satunya tipe kepribadian seseorang. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis lebih dalam mengenai kemampuan berpikir kritis siswa yang ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada materi teorema phytagoras. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam memecahkan masalah matematika materi teorema phytagoras kelas VIII MTsN 2 Trenggalek. 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan tipe kepribadian introvert dalam memecahkan masalah matematika materi teorema phytagoras kelas VIII MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Trenggalek dan diikuti oleh siswa kelas VIII-C yang berjumlah 27 siswa. Dari 27 siswa dipilih 4 siswa sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dan 2 siswa dengan tipe kepribadian introvert. Teknik pengambilan data dengan angket, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika materi teorema phytagoras kelas VIII MTsN 2 Trenggalek subjek dengan tipe kepribadian ekstrovert memenuhi indikator berpikir kritis interpretasi dan analisis dengan baik. Namun pada indikator berpikir kritis evaluasi dan inferensi subjek ekstroverts masih kurang memenuhinya. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika materi teorema phytagoras kelas VIII MTsN 2 Trenggalek subjek dengan tipe kepribadian introvert memenuhi semua indikator berpikir kritis dengan baik yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | fatma dwi |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 06:49 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 06:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38716 |
Actions (login required)
View Item |