PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

IDA ROHMATIN, 2817123075 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian depan skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ida, Rohmatin, 2817123075, 2016. Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Musrikah, S.Pd.I, M. Pd Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Matematika Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Matematika adalah salah satu ilmu yang harus dipelajari di setiap jenjang pendidikan. Objek matematika bersifat abstrak. Pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari tidak diikuti oleh sikap siswa yang cenderung menganggap pelajaran ini sebagai momok ataupun musuh bagi dirinya. Hal ini disebabkan karena ketidaktepatan metodologi yang digunakan guru. Guru cenderung masih melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan model konvensional, yang dilandasi oleh interaksi satu arah dengan didominasi ceramah yang bermuara pada guru sebagai subjek dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan proses pembelajaran kurang bermakna dan siswa cenderung pasif dan kurang kreatif. Di samping itu juga kurangnya pemanfaatan media sebagai penunjang proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan rendahnya aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti adalah mengakrabkan matematika dengan lingkungan anak, serta menggunakan model mengajar yang tepat untuk menanamkan konsep pembagian dan menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan. Karena matematika yang abstrak, sangat sulit dicerna oleh anak SD/MI yang masih dalam tahap berfikir rasional konkrit. Dengan berorientasi pada realita dan lingkungan tersebut peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada pokok bahasan pembagian. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran Matematika peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik setelah diajar menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas peserta didik, lembar pengamatan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, dokumentasi, dan pengecekan keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari indikator proses dan indikator hasil belajar. Adapun prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini ada dua tahap yaitu tahap pra tindakan dan tahap pelaksanaan tindakan. Pra tindakan dilakukan sebagai langkah awal untuk mengetahui dan mencari informasi tentang permasalahan dalam pembelajaran matematika. Sedangkan pada pelaksanaan tindakan peneliti menetapkan dan menyusun rancangan perbaikan pembelajaran dengan strategi. Adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap meliputi: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) sangat efektif diterapkan pada peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung bidang studi matematika pokok bahasan pembagian, 2) Penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung bidang studi matematika pokok bahasan pembagian. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) meningkat. Dari rata-rata hasil tes awal 35,75 meningkat menjadi 69,00 pada tes akhir tindakan siklus I, dan semakin meningkat lagi pada tes akhir tindakan siklus II menjadi 77,75. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 20% pada saat tes awal, menjadi 45% pada siklus I dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 80%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123075 IDA ROHMATIN
Date Deposited: 23 Sep 2016 03:56
Last Modified: 23 Sep 2016 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3873

Actions (login required)

View Item View Item