KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 TULUNGAGUNG

NUR INDAH FITRIANI, 2811123180 (2016) KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
2. Cover Dalam dst.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Indah Fitriani, NIM : 2811123180. 2016. Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. H. As'aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci : Kreatifitas, Metode, Media, Sumber Belajar, Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreatifitas guru yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena dengan kreatifitas guru dalam mengolah pembelajaran sehingga akan membuat proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Jika proses pembelajaran menarik dan menyenangkan akan meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa semakin faham mengenai materi yang disampaikan dan berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung? (2) Bagaimana Kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung? (3) Bagaimana Kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan sumber belajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan metode, media dan sumber belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung dapat dijadikan acuan dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang. Bagi para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung untuk Penelitian ini secara praktis diharapkan berguna sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun rencana pembelajaran Pendidikan Agama Islam berikutnya. Bagi siswa dapat menjadi bahan kajian untuk meningkatkan prestasi belajar. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi peneliti selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1Tulungagung, sumber datanya didapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah : (1)dalam proses pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung mengembangkan metode pembelajaran dengan mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kurikulum 2013. (2) pengembangan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam adalah dengan memanfaatkan beberapa media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan materinya. (3) pengembangan sumber belajar yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tulungagung adalah dengan memanfaatkan beberapa sumber belajar yang sesuai dengan materi dan mengembangkan materi dengan menyusun Lembar Kerja Siswa melalui tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123180 NUR INDAH FITRIANI
Date Deposited: 27 Sep 2016 06:57
Last Modified: 27 Sep 2016 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3876

Actions (login required)

View Item View Item