MELINDA ARTIKA, 12201193257 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh dengan adanya gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Dengan adanya gaya belajar yang berbeda-beda dari peserta didik maka guru harus memiliki berbagai strategi dalam proses pembelajaran. Agar dapat menarik fokusnya siswa didalam pembelajaran dengan harapan nantinya pembelajaran didalam kelas lebih efektif dan kondusif. Oleh sebab itu sebagai guru sedikit banyaknya harus mempunyai cara sendiri agar bisa menarik siswa belajar dengan semangat. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana sterategi guru pendidikan agama Islam dalam berdasarkan gaya belajar auditori perserta didik dalam mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung (2 ) bagaimana sterategi guru pendidikan agama Islam dalam berdasarkan gaya belajar visual perserta didik dalam mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung (3) bagaimana sterategi guru pendidikan agama Islam dalam berdasarkan gaya belajar kinestetik perserta didik dalam mata pelajaran aqidah akhlak di MTs darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif . lokasi penelitiannya terletak di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan datanya menggunakan perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, diskusi sejawat, dan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Strategi guru dalam berdasarkan gaya belajar auditori peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah dengan Pada umumnya peserta didik dengan gaya belajar auditori mudah mengingat materi dengan metode ceramah, mudah terganggu dengan adanya kebisingan, mengamati dengan sungguh-sungguh saat guru berceramah, suka membaca dengan keras dan aktif dalam kegiatan berdiskusi suka dengan music melalui handphone disambungkan ke alat pengeras suara, penggunaan intonasi yang tepat dan suara yang lantang, memutarkan CD yang berisi cerita-cerita tentang kisah-kisah nabi. (2) Strategi guru dalam berdasarkan gaya belajar visual peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah dengan mencatatkan materi dengan rinci di papan tulis, guru menampilkan gambar-gambar terkait dengan materi, guru menampilkan gambar dan video terkait dengan materi melalui LCD proyektor. Pada umumnya peserta didik dengan gaya belajar visual lebih suka menulis dibanding dengan mendengarkan penjelasan guru, peserta didik dengan gaya belajar visual tidak mudah terganggu dengan keributan, peserta didik kurang aktif dalam kegiatan berdiskusi, peserta didik juga kurang pandai memilih kata-kata, peserta didik dengan gaya belajar tipe visual memiliki penampilan sangat rapi, bukan hanya pakaiannya tapi juga buku catatannya. (3) Strategi guru dalam berdasarkan gaya belajar kinestetik peserta didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah dengan melakukan pembelajaran melalui praktik, mengajak peserta didik bernyanyi dan melakukan gerakan-gerakan tubuh supaya peserta didik tidak bosan, mengajak peserta didik bermain game di selang waktu pembelajaran, sesekali mengajak peserta didik belajar diluar kelas, memberikan waktu beberapa menit agar peserta didik dapat berjalan-jalan maupun menggerakkan tubuh lainnya agar tidak bosan. Pada umumnya, peserta didik dengan gaya belajar kinestetik sulit disuruh untuk diam dalam jangka waktu yang cukup lama, sangat senang dengan pembelajaran yang mengharuskan peserta didik bergerak, peserta didik suka belajar melalui praktik, mempunyai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12208183045 Ahmad Faza Zulfikar |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 07:01 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 07:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38810 |
Actions (login required)
View Item |