STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KEAGAMAAN DI MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG

IKRIMATUS SYAIBA, 12201193090 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KEAGAMAAN DI MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Keagamaan Di Mts Miftahul Huda Ngunut Tulungagung”, ini ditulis oleh Ikrimatus Syaiba, NIM. 12201193090, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Dr. Mukhamad Sukur, M.Pd.I., NIDN. 2001058304 Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Penelitian dilatarbelakangi oleh pemilihan strategi pembelajaran oleh guru adalah hal penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, apabila guru memilih strategi pembelajaran dengan tepat maka akan membawa perubahan pada peserta didik, salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru adalah strategi pembelajaran berbasis masalah, yang menyajikan masalah kepada peserta didik untuk dipelajari, sehingga peserta didik belajar melalui masalah yang disajikan, dan membuat peserta didik menjadi pembelajar yang mandiri, serta melalui strategi pembelajaran berbasis maslah, dapat meningkatkan hasil belajarnya. Fokus penelitian dalam penelitian ini diantaranya adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran keagamaan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran keagamaan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran keagamaan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran keagamaan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung? 2) Untuk mendekripsikan pelaksanaan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran keagamaan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran keagamaan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, lokasi yang diambil dalam penelitian berada di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, dengan kehadiran peneliti sebagai pengumpul data, data yang digali berasal dari sumber data orang, tempat, serta kertas, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian berupa: 1) Perencanaan guru menetapkan tujuan atau sasaran pada pembelajaran, merencanakan situasi permasalahan yang tepat, mengorganisasikan sumber belajar serta merencanakan alat dan bahan yang digunakan peserta didik, 2) Pelaksanaan guru mengorientasikan masalah terhadap peserta didik, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar dengan menggunakan sumber belajar, membimbing penyelidikan peserta didik, mengembangkan dan menyajikan hasil karya peserta didik setelah penyelidikan, analisis dan evaluasi peserta didik terhadap proses pemecahan masalah, 3) Evaluasi dilakukan oleh guru sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai serta evaluasi dilakukan melalui hasil belajar peserta didik, peningkatan hasil belajar peserta didik berupa pengetahuan, pemahaman, dan penerapan pada ranah kognitif, peningkatan hasil belajar peserta didik berupa kemampuan menerima, kemampuan menanggapi dan menjawab, serta kemampuan menilai, pada ranah afektif, peningkatan hasil belajar peserta didik berupa kemampuan merespon dan keterampilan pada ranah psikomotor, evaluasi dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung, tugas, dan uji praktik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12209193018 Dhea Nanda Mayora
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:05
Last Modified: 16 Aug 2023 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38874

Actions (login required)

View Item View Item