PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK-LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LAJU REAKSI

YUNITA PUSPITA SARI, 12212193020 (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK-LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (824kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (768kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan e-LKPD (elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) Interaktif Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Laju Reaksi” ini ditulis oleh Yunita Puspita Sari, NIM. 12212193020, dosen pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: e-LKPD interaktif, multipel representasi, laju reaksi Laju reaksi merupakan salah satu materi kimia yang memiliki karakteristik materi yang bersifat abstrak sehingga dapat menimbulkan miskonsepsi pada peserta didik. Salah satu subbabnya yaitu teori tumbukan yang memerlukan pemahaman submikroskopik dari pergerakan molekul yang saling bertumbukan. Jika molekul tersebut tidak digambarkan secara nyata pergerakannya, maka akan menimbulkan miskonsepsi pada peserta didik. Selama ini, penjelasan materi tersebut hanya berbasis pada gambar yang ada pada buku cetak tanpa adanya penjelasan secara nyata pergerakan molekul yang saling bertumbukan. Padahal jika terdapat bahan ajar interaktif seperti e-LKPD interaktif yang memuat animasi pergerakan molekul, maka peserta didik akan memahami materi dengan mudah. Selain itu, penyajian materi dalam buku cetak cenderung disajikan secara deskriptif sehingga mendorong peserta didik untuk menghafalkan materi. Apabila materi laju reaksi disajikan secara multipel representasi, peserta didik akan memahami materi secara baik dan tidak bergantung pada hafalan. Dengan demikian, perlu dikembangkan e-LKPD interaktif berbasis multipel representasi pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menghasilkan produk berupa e-LKPD interaktif berbasis multipel representasi pada materi laju reaksi, (2) untuk menguji kelayakan produk berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi, dan (3) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Model penelitian yang digunakan yaitu R&D 4D Thiagarajan dengan tahapan define, design, development, dan disseminate. Namun, dalam penelitian ini tidak sampai tahap disseminate, karena adanya keterbasan waktu dalam penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara guru dan angket peserta didik untuk analisis kebutuhan bahan ajar, lembar validasi ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan produk, serta angket respon peserta didik kelas XI-MIPA 3 SMAN 1 Ngunut sebanyak 31 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yaitu (1) menghasilkan produk berupa e-LKPD interaktif berbasis multipel representasi pada materi laju reaksi, (2) kelayakan produk mendapatkan persentase rata-rata dari ahli media sebesar 86,73% dengan kategori sangat valid, sedangkan persentase rata-rata dari ahli materi sebesar 86,02% dengan kategori sangat valid, serta (3) hasil dari respon peserta didik diperoleh persentase rata-rata sebesar 83,96% dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD interaktif berbasis multipel representasi layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi laju reaksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193020 Yunita Puspita Sari
Date Deposited: 17 Aug 2023 10:07
Last Modified: 17 Aug 2023 10:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38880

Actions (login required)

View Item View Item