PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SDI TERPADU AL ASROR TULUNGAGUNG

LAILATUL FITRIA, 12205183313 (2023) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SDI TERPADU AL ASROR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pada pembelajaran Bahasa arab di sekolah, guru masih menggunakan metode pemebelajaran konvensional yang cenderung membosankan sehingga berdampak pada kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran serta rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab, yang disebabkan oleh pembelajaran hanya terjadi satu arah yang hanya berfokus pada guru (teacher centered). Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan inovasi dalam pemakaian media pembelajaran sehingga dapat membantun guru dalam pemakaian media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran, dan membamtu siswa menjadu lebih mudah dalam menerima pelajaran. Salah satunya menggunakan media gambar yang diharapkan siswa mampu termotivasi dalam pembelajaran serta mencapai hasil belajar di atas rata-rata. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh media gambar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung, (2) untuk menguji pengaruh media terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung, dan (3) untuk menguji pengaruh media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pedekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yaitu menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh media gambar terhadap motivasi pada mata pelajaran Bahasa Arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil perhitungan menggunkan uji t, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,043, dimana lebih kecil 0,05. Maka Ha di terima. (2) Ada pengaruh media gambar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t, diperoleh nilai sig. (2tailed) sebesar 0,00 dimana lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima. (3) Ada pengaruh media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil perhitungan uji manova, diperoleh harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root pada kolom kelas memiliki nilai Sig. 0,025 > 0,05, yang artinya harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root semuanya signifikan dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183313 LAILATUL FITRIA
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:26
Last Modified: 18 Aug 2023 09:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38892

Actions (login required)

View Item View Item